eprintid: 14826 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/48/26 datestamp: 2022-06-16 08:05:21 lastmod: 2022-06-16 08:05:21 status_changed: 2022-06-16 08:05:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Januariny, Wita creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Putra, Gilang Kumari creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Kualitas Informasi Tentang Program 3T (Tertib Hunian, Tertib Dagang, Tertib Buang Sampah) Melalui Media Sosial Twitter Oleh Sudin Kominfomas Jakarta Selatan Terhadap Pengetahuan Followers Tentang Program 3T ispublished: pub subjects: H1 divisions: 70201 abstract: Pemerintahan Kota Jakarta Selatan seperti halnya instansi pemerintah yang lain, unsur komunikasi merupakan hal yang sangat penting karena melalui proses komunikasi suatu organisasi khususnya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta selatan dapat berhubungan dengan publik, baik hubungan secara internal maupun eksternal. Salah satu program kegiatan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan adalah Program 3T. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana Pengaruh Kualitas Informasi tentang Program 3T Melalui Media Sosial oleh Sudin Kominfomas terhadap Pengetahuan Followers tentang Program 3T?” Penelitian ini menggunakan Paradigma Positivisme kemudian Teori-teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Kognitif, S-O-R dan AIDDA untuk menjelaskan media massa atau media sosial dapat membantu menyebarkan informasi dan membantu khalayak dalam mempelajari informasi yang bermanfaat dan menumbuhkan minat dari individu tersebut. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat eksplanatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitiaan adalah Followers Twitter Pemerintahan Kota Jakarta Selatan berjumlah 1.824 followers. Sampel yang di dapat sebanyak 96 followers dengan mengukur menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu followers twitter. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reabilitas serta menganalisis datanya dengan uji korelasi. Hasil penelitian yang di dapat adalah uji korelasi parametric di atas ditunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) sebesar 0,783, berdasarkan tabel Guilford, tingkat keeratan korelasi termasuk sedang, nilai signifikan pada 0,01 dan lebih kecil dari pada 0,05. Ini berarti Sudin Kominfomas Jakarta Selatan mempunyai kualitas yang baik dalam menyajikan program kepada masyarakatnya (dalam hal ini Followers Twitter Pemerintahan Kota Jakarta Selatan) tentang 3T. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Anggoro, Linggar. 2002. Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Cetakan Ketiga. Jakarta : Kencana. Ardianto, Elvinaro & Lukiati Komala. 2005. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Arifin, Abdulrachman. 2003. Human Relations untuk Management (Teori dan Praktek). Jakarta: Lembaga Administrasi Negara. Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana. Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Cutlip, Scott.m., Center Allen.H, dan Broom, Glen.M. 2009. Effective Public Relatinos (edisi Kesembilan). Jakarta : Kencana. Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Damastuti, Rini. 2007. Etika PR dan E-PR. Yogyakarta: Gava Media. Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 4. Balai Pustaka. Jakarta. Effendy, Onong Uchjana. 1992. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. .2003. Ilmu Komunikasi. ; Ilmu Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bhakti . .2007. Komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta:Grasindo Rosdakarya. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Flew Terry. 2002. New Media: An Introduc- tion. New York: Oxford University Press. Jefkins, Frank. 2004. Public Relations, edisi kelima, Direvisi Oleh Daniel Yadin. Jakarta: Erlangga. Maria, Assumpta Rumanti. 2002. Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Grasindo. Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Morissan. 2006. Pengantar Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Tangerang: Ramdina Prakarsa. Nasution, M.N, 2001. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia. Naufal, Zaenudin A. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia. Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Nurdin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers. Onggo, Bob Julius. 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Rachmadi, F. 1992. Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi, edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Soekanto. 2002. Sosiologi Sebagai Suatu Pengantar. Jakarta: CV Rajawali.. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulianta, Feri. 2015. Rahasia Berbisnis Ala Sosial Media – Pasti Meraup Visitor, Likes, Circle, Koneksi, Retweet & Follower!. Yogyakarta: Cv. Andi Offset. Taylor, Shelley E, dkk. 2009. Psikologi Sosial edisi ke duabela. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang : Bayu Media. Triguno, 1997. Budaya Kerja, Meningkatkan Lingkungan yang Kondusif untukMeningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta : Golden Terayon Press. West, Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, edisi 3.Jakarta: Salemba Humanika. Widjaja. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Zarella, Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta. KARYA ILMIAH: Suwarni, Eni. 2010. Kualitas komunikasi antarpribadi perawat dengan pasien rawat inap di Rumah Sakit Pelni. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Khairunnisa. 2012. Efektivitas E-mail Sebagai Media Komunikasi Asean Business Advisor Council dalam mensosialisasikan Asean Business And Investment Summit. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Dita, Rasya Priha. 2012. Kualitas Media Luar Ruang dalam Mensosialisasikan penerapan Program E-ticketing menggunakan Kartu Commet pada penumpang di Stasiun Jakarta Kota. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. SUMBER LAIN: http://researchdashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publication/Proceeding/Humani ora/Vol%205%20no%202%20Oktober%202014/52_MCM_Muhammad%20Aras.pdf (Diaskes Pada tanggal 6 Febuari pukul 13:00 wib) http://eprints.uns.ac.id/17822/ (diaskes pada tanggal 16 maret 2016 pukul 09:00 Wib) http://ejournal.unesa.ac.id/article/508/57/article.pdf (Diaskes pada tanggal 16 maret 2016 pukul 08:28 Wib) http://digilib.uinsby.ac.id (diaskes Selasa, 29 Maret 2016 Pukul 11:00 WIB) citation: Januariny, Wita dan Basuki, Maryono dan Putra, Gilang Kumari (2016) Pengaruh Kualitas Informasi Tentang Program 3T (Tertib Hunian, Tertib Dagang, Tertib Buang Sampah) Melalui Media Sosial Twitter Oleh Sudin Kominfomas Jakarta Selatan Terhadap Pengetahuan Followers Tentang Program 3T. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14826/1/FISIP_ILKOM_1206015094_WITA%20JANUARINY.pdf