eprintid: 14820 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/48/20 datestamp: 2022-06-16 07:45:38 lastmod: 2022-06-16 07:56:24 status_changed: 2022-06-16 07:56:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Adam, Ahmad Johari creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Rahman, Nurlina creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi. ispublished: pub subjects: H1 divisions: 70201 abstract: Penelitian ini berfokus pada kepuasan pelanggan terhadap layanan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi. PDAM Tirta Bhagasasi adalah perusahaan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) penyedia air bersih untuk masyarakat Bekasi. Penelitian ini menggunakan teori Service of Excellence atau Pelayanan Prima untuk menjelaskan bagaimana kepuasan pelanggan berdasarkan indikator-indikator yang yang terdapat dalam konsep teori tersebut, yang meliputi Tangibel, Reliability, Responsivenese, Assurance, dan Emphaty. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PDAM yang mendapat layanan selama satu bulan yang berjumlah 924 dan sampel yang didapat 91 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu pelanggan PDAM Tirta Bhagasi Bekasi, selanjutnya penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis dan menjabarkan hasil yang diperoleh dari penelitian. Hasil yang diperoleh pada tabel deskripsi data Ordinal, nilai terendah terdapat pada item pernyataan “PDAM cepat dalam perbaikan (kebocoran pipa, air mati, dan perbaikan rekening) dengan total skor 273 dan nilai tertinggi terdapat pada item pernyataan “Lokasi kantor PDAM mudah dijumpai” dengan total skor 412. Nilai rata-rata (mean) kepuasan pelanggan terhadap layanan PDAM Tirta Bhagasasi sebesar 66,35 yang berada pada kategori Netral/Sedang. Dengan demikian kepuasan pelanggan terhadap layanan yaitu netral/sedang. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Atep Adya Barata. 2004. Dasar-dasar Pelayanan Prima, Cetakan ke-2. Jakarta: PT. Gramedia Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi, Jakarta: Kencana Bungin, Burhan. 2010. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Cutlip, ScottM, Center, AllenH, Broom, GlenM.2009. Edisi Kesembilan. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori, filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti Effendy, Uchjana Onong. 1994. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya Effendy, OnongUchjana, 2005. “Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Greson, Richard F. 2002. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rineka Cipta Hasan, Ali. 2008. Marketing. Jakarta. PT. Buku Kita Jefkins, Frank. 2004. Public Relations, Daniel Yadin. Jakarta. Erlangga Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran: Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Persada Media Grup Masmuh. Abdullah, 2011. Komunikasi Organisasi dalam Persepektif Teori dan Prakek, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Morrisan, M.A. 2010. Manajemen Public Relations. Jakarta. Prenada Media Group Pace R. Wayne and Faules, Don F, Komunikasi Organisasi, ROSDA, Bandung 2000 Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, &Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta Ruslan, Rosady. 2003. Manajmen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada Rumanti, Maria Assumpta, 2005. Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarama Indonesi Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta Yamit, Zulian. 2006. Manjemen Kualitas Produk dan Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta : Ekonisasi Kampus Fakultas Ekonomi : UII Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Jasa. Yogyakarta. PT. Ekonisia PENELITIAN 1. Dinda Fadhilla Azzahra. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Prof. Dr. Hamka. Dengan judul Kepuasan Nasabah Terhadap Layanan Agent PT. Asuransi Bintang Tbk. 2. Septi Arianti. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Prof. Dr. Hamka. Dengan judul Kepuasan Warga Kelurahan Sudimara Timur terhadap Pelayanan Pembuatan e-KTP di Kecamatan Ciledug Tangerang 3. Arif Wahyudiyono Universitas Mercu Buana. Dengan judul Tingkat Kepuasan Penumpang Singapore Airlines terhadap Pelayanan Departement Service PT. Jasa Angkasa Semesta di Bandara Soekarno Hatta. www.tirtabhagasasi.co.id citation: Adam, Ahmad Johari dan Basuki, Maryono dan Rahman, Nurlina (2016) Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14820/1/FISIP_ILKOM_1206015113_AHMAD%20JOHARI%20ADAM.pdf