eprintid: 14815 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3855 dir: disk0/00/01/48/15 datestamp: 2022-06-17 02:52:13 lastmod: 2022-11-01 07:31:07 status_changed: 2022-06-17 02:52:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Akbar, Rudi title: Perbedaan Performa Bahan Bakar Premium 88 dan Pertamax 92 Terhadap Hasil Emisi Gas Buang Mobil I-VTEC ispublished: pub subjects: Skripsi subjects: TJ divisions: 21201 abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan mobil berbahan bakar Premium 88 dan Pertamax 92 dilakukan untuk mengetahui perbedaan torsi, Daya dan Emisi gas buang kendaraan bermobil, kemudian putaran mesin di mulai dari Rpm rendah sampai Rpm maksimal untuk pengujian Torsi dan daya mengunakan alat Dyno Dynamics sedangkan untuk menguji emisi gas buang mengunakan Alat Gas Analizer. Hasil Uji Torsi maksimum power berada di 4800 Rpm sebesar 80,72 Nm (Newton meter) untuk konsumsi bahan bakar Pertamax 92, sedangkan untuk bahan bakar Premium 88 torsi maksimum berada pada di 4800 rpm sebesar 76,1 Nm (Newton meter), sedangkan hasil dari Uji Daya dari BBM Pertamak 92 maksimum berada di 6450 Rpm sebesar 67,59 Kw, sedangkan maksimum power bahan bakar Premium berada di 6450 Rpm sebesar 59,10 Kw, jadi torsi dan daya yang mengunakan Pertamax lebih besar di bandingkan dengan bahan bakar Premium. Emisi gas buang yang dihasilkan oleh kedua jenis bahan bakar tersebut, hasil analisa menujukan bahwa kadar CO yang dihasilkan premium sebesar 0,02%/vol sedangkan CO yang dihasilkan pertamax sebesar 0,01%/vol, CO yang dihasilkan premium lebih tinggi di bandingkan pertamax, HC yang dihasilkan premium sebesar 26 ppm/vol sedangkan HC yang dihasilkan pertamax sebesar 3 ppm/vol hasil ini menujukan bahwa kadar HC yang dihasilkan pertamax lebih rendah dibandingkan kadar HC yang dihasilkan oleh peremium. date: 2016-08-04 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Teknik thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: 1]. Murdhana, Dm, Drs,” Teknik Merawat Sepeda Motor”,bandung,2008. [2]. Wiratmajaya,l Gede,”Analisa Untuk Kerja Motor Bensin”, jurnal ilmiah teknik mesin cakram universitas udayana bali vol, 4 no,1, april, 16/25, 2010. [3]. Surbhakty,” Motor Bakar”, Dikta Pendidikan Menengah Teknologi, Jakarta,1978. [4]. Raharjo, Winarno Dwi, Karnowo,”Mesin Konversi Energi”, UNNES, 2008. [5]. Mardiansyah Azhari,”Analisa Performa Mesin Mengunakan Bahan Bakar Premium Terhadap Daya dan Torsi pada ToyotaKijang INNOVA”, Negri Semarang, 2015. [6]. Purnomo,Bagus,Trio,”Perbandingan Perfoma Motor Bahan Bakar Premium dan Pertamax”,Sekripsi Teknik Mesin, Universitas Negri Semarang,2012. [7]. Arismunandar,wiranto,”Motor Bakar Torak”,ITB Bandung, 2005. [8]. Bearenschot H, Arends, BPM,”Motor Bensin”, 1980. [9]. Peratama Yoga Rinto,”Analisa Performa Sepeda Motor”, Fakultas Ui Teknik mesin, 2008. [10]. Sugiyarta Sarjono,”Studi Eksperimen Nilai Oktan Number Bahan Bakar Pertamax dan Shell Terhadap Emisi Gas Buang CO dan HC Pada Motor Ninja 150”,teknik mesin poltama surakarta, 2012. citation: Akbar, Rudi (2016) Perbedaan Performa Bahan Bakar Premium 88 dan Pertamax 92 Terhadap Hasil Emisi Gas Buang Mobil I-VTEC. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14815/1/digital_8010-eSTM-2016002%20Rudi%20Akbar.pdf