eprintid: 14807 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/48/07 datestamp: 2022-06-25 05:35:52 lastmod: 2022-06-30 10:44:15 status_changed: 2022-06-25 05:35:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septiani, Herlina creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: septianiherlina19@gmail.com creators_id: sigid@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-1432-1564 title: Analisis Kesalahan Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Genesis Medicare Depok ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi bangun datar. Penilaian pada aspek pemahaman konsep bertujuan untuk mengetahui sejaiuh mana kemampuan siswa dalam soal pemahaman konsep metematika dengan indikator a) Menyatakan ulang sebuah konsep; b) Memberi contoh dan bukan contoh dari konsep; c) Memberi contoh dan bukan contoh dari konsep; d) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; e) Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. Dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih dan memilah subjek yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Subjek dari penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII A SMP Genesis Medicare dari yang berjumlah 23 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep matematika materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang rendah pada materi bangun datar dan kesalahan yang dilakukan dalam mengerjakan soal yang terletak pada indikator mendefinisikan konsep secara tulisan tidak terdapat kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep, jadi persentase benar100% dengan tingkat kesukaran soal mudah, (2) pada indikator mendefinisikan dan mengidentifikasi contoh dan bukan contoh terdapat 5 orang kesalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep belum benar dan 1 orang siswa tidak terdapat kesalahan dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep secara tepat, jadi persentase kesalahan 16,67% dengan tingkat kesukaran sukar, (3) pada indikator mengklarifikasi objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya terdapat 4 orang kesalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep belum benar dan 2 orang siswa tidak terdapat kesalahan dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep secara tepat, jadi persentase kesalahan 16,67% dengan tingkat kesukaran soal sukar, (4) pada indikator mengubah suatu bentuk representasi sesuai dengan konsepnya 3 orang kesalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep belum benar dan 3 orang siswa tidak terdapat kesalahan dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep secara tepat, jadi persentase kesalahan 50% dengan tingkat kesukaran soal sedang, (5) pada indikator mengenal syarat yang menentukan suatu konsep tidak terdapat kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep, jadi persentase benar100% dengan tingkat kesukaran soal mudah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afrian, N., Widayati, D., Setyorini, D., Akmalafrizalgmailcom, E., Ilmu, J., Masyarakat, K., Health, P., Puskesmas, M., Rumah, D. A. N., Wenni Ardianti, Buchari Lapau, O. D., Ekel, Y. L., Kepel, B. J., Tulung, M., นนนนน นนนนนนน., Iv, B. A. B., Kerja, W., Sidomulyo, P., Pekanbaru, K., Chelvam, R., … Kesehatan, I. (2017). No Title بی ب یب . ثثثثثث , 1(1), 1–10. https://doi.org/10.1037/0022-3514.51.6.1173 Aning, K., Dinnullah, R. N. I., & Farida, N. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Phenomenon, 08(1), 101–113. Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550 Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. Hidayat, T. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Dan Kesalahan Prosedur Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 105. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2315 Ilmu, K., & Belajar, B. G. (2020). Jurnal Silogisme. 5(1), 19–24. Kesalahan, A., Dalam, S., Soal, M., Matematika, J. P., Syarif, U. I. N., & Jakarta, H. (2019). SISI DATAR Khamida Siti Nur Atiqoh kehidupan sehari-hari . Oleh karena itu , matematika diberikan di semua tingkat pendidikan baik Pemahaman konsep merupakan aspek yang paling mendasar bagi siswa , apabila siswa kurang secara pasti hakikat dari penyelesai. 1(1), 63–73. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma/article/view/11687 Khairunnisa, N. C., & Aini, N. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 1–9. Kurniawan, H. S. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar berdasarkan pemahaman konsep pada kelas viii. Malinda, P., & Sylviana Zanthy, L. (2015). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MTs. Jonedu.Org, 01(02), 105–109. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/32 Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172–182. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.182 Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122 Muna, B., Rahayu, R., & Ulya, H. (2019). Penerapan Model Eliciting Activities Berbantuan Media APPEM Untuk Meningkat Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa SD. Prakarsa Paedagogia, 2(1), 76–81. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.3902 Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siwa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p993-1004 Pratama, A. (2020). Analisis Tingkat Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Tunas Bukit Indah Purwakarta terhadap Materi Relasi dan Fungsi. 167–174. Rani, A. M., & Taufiq, I. (2020). Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Soal Matematika Materi Statistika. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1), 33–46. Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU- MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379 Sidik, M. J., Hendriana, H., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Saat Menyelesaikan Soal Berpikir Kritis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 837. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p837-846 Smp, D. I., & Meureubo, N. (2020). SCAFFOLDING SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESALAHAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. 54–65. SUSANTI BM, E., & SETIANINGSIH, R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Model Timms. MATHEdunesa, 8(2), 302–310. Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. January, 10–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx Vii, K., Negeri, S. M. P., & Ekawati, D. (2019). Peqguruang: Conference Series. 1(September). Warmi, A. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 297–306. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.384 citation: Septiani, Herlina dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Kesalahan Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Genesis Medicare Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14807/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105043_HERLINA%20SEPTIANI.pdf