eprintid: 14798 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/98 datestamp: 2022-06-25 05:35:41 lastmod: 2022-06-30 10:40:52 status_changed: 2022-06-25 05:35:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amalia, Leny creators_name: Kurniasih, Meyta Dwi creators_id: Lenyamalia77@gmail.com creators_id: meyta.dkurniasih@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Challenge Based Learning (CBL) Berbantu Prezi Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Tambun Selatan ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh Model Challenge Based Learning (CBL) Berbantu Prezi Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negri 3 Tambun Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasi Experimental menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tambun Selatan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil secara acak sebanyak 80 siswa yang terdiri dari kelas VIII-8 yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas VIII-6 yang dijadikan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Instrumen terlebih dahulu dilakukan dengan uji validitas di SMP Negri 184 Jakarta. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas dengan uji Lilliefors diperoleh dari kedua data kelas tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas dengan uji Fisher, dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelas tersebut temasuk homogen. Setelah itu, uji hipotesis menggunakan uji-t dan Effect Size. Dengan demikian hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model Challenge Based Learning (CBL) berbantu prezi terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP Negri 3 Tambun Selatan yang tergolong sedang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Y., Mulyati, T., & Hana, Y. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara. Haqq, A. A. (2017). Implementasi Challenge-Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal THEOREMS ( The Original Reasearch of Matematics), 1(2), 13–23. Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/CBL 2017.pdf Jamilah, U. (2018). Literasi dan Pendidikan Karakter. PT. Ekadaya Multi Inovasi. Johnson, Laurceen, F., Smith, R. S., Smythe, J. T., & Varon, R. K. (2009). Challenge-Based Learning An Approach for Our Time. Retrieved from The New Media Consortium website: file:///C:/Users/ASUSX200M/AppData/Local/Mendeley Ltd/Mendeley Desktop/Downloaded/Johnson et al. - 2009 - Challenge-Based Learning An Approach for Our Time.pdf Junita, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Creative Problem Solving Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Challenge Based Learning. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 19–23. Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/literasi 2014 SMP(jurnal).pdf KEMENDIKBUD. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama. Maulana, A., & Hasnawati. (2016). Deskripsi Kemampua Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2). Retrieved from file:///C:/Users/ASUSX200M/Downloads/3060-8578-1-PB.pdf Nawawi, S. (2016). Potensi Model Pembelajaran Challenge Based Learning dalam Memperdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 153–164. Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/CBL 2016 (1).pdf Nego, L. (2014). Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Wankat-Oreovocz dan Pembelajaran Teknik Probing Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pedidikan Matematika, 3(2), 35–42. Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/Literasi 2014 (jurnal).pdf Ningrum, A. M., Prasetyo, Z. kun, & Susolowati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Challenge Based Learning ( CBL ) Terhadap Keterampilan Problem Solving Dan Kemampuan Kerjasama Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pedidikan Matematika, 7(1), 7–12. Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/CBL 2018.pdf OECD. (2018). Insights and interpretations. XVII, 236 p.; 26x17 cm. Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/Literasi/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf%0D Rusyfian, Z. (2016). Prezi. Bandung: Informatika Bandung. Setiawan, H., Diah, N., & Lestari, S. (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, (November), 244–251. Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/literasi 2014 (prosiding).pdf Siswowijoyo, M., & Tiya, K. (2014). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kota Raha. Jurnal Penelitian Pedidikan Matematika, 2(2), 73–90. Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/literasi 2014 SMP(jurnal).pdf Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers. Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan(KDT). Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Umbara, U., & Nuraeni, Z. (2019). Analisis Interaksi antara Pembelajaran RME Berbantuan Adobe Flash CS6 dengan Kemampuan Awal Matematika dalam Meningkatkan Literasi Matematis. Jurnal Elemen, 5(2), 140–154. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1057 Utami, C., & Nirawati, R. (2018). Pengembangan Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model PJBL dengan pendekatan Realistic Saintific dan Pengukuran Berbasis PISA. Pendidikan Matematika, 7(3), 345–355. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspxdirect=true&db=cin20&AN=127964992&site=ehost-live Wicaksana, Y., Wardono, & Ridlo, S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 167–174. Yanti Putri Nasution, E., & Fauziah Siregae, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. 15(2). Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/Prezi/466-25-1797-1-10-20191205.pdf YUSUF RODHI, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2), 137–142. Retrieved from file:///D:/jurnal skripsi/Prezi/466-25-1797-1-10-20191205.pdf citation: Amalia, Leny dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Pengaruh Model Challenge Based Learning (CBL) Berbantu Prezi Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Tambun Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14798/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105035_LENY%20AMALIA.pdf