%I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %L repository14797 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematis siswa serta jenis kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa kelas VIII di SMPN 1 Bayah tahun ajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal yang diadopsi dan diadaptasi dari tes PISA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 – 14 Maret 2020. Subjek penelitian yang digunakan adalah 5 orang siswa kelas VIII yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal adaptasi PISA, instrumen tes soal adaptasi PISA (bahasa Inggris), instrumen tes soal adopsi PISA, instrumen tes soal adopsi PISA (bahasa Indonesia). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa untuk instrumen yang diadopsi dari tes PISA berada di level 2 dan 3 sedangkan untuk instrumen yang diadaptasi dari tes PISA berada di level 3 dan 4, artinya kemampuan literasi matematis yang dimiliki oleh siswa yaitu siswa dapat melaksanakan prosedur dengan baik termasuk prosedur yang memerlukan keputusan secara berurutan, siswa dapat memilih dan menerapkan strategi memecahkan masalah yang sederhana, siswa dapat menginterprestasikan dan menggunakan representasi berdasarkan pada sumber informasi yang berbeda dan mengemukakan alasannya secara langsung dari yang didapat, serta siswa dapat mengembangkan komunikasi sederhana melalui hasil interpretasi dan penalaran mereka. Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal yang diadopsi dan diadaptasi dari tes PISA adalah kesalahan penggunaan data, kesalahan penafsiran bahasa, kesalahan penggunaan rumus, kesalahan kecerobohan dan kesalahan dalam perhitungan. %A Mira Eka Tami Pubianti %A Wahidin Wahidin %D 2020 %T Analisis Kemampuan Literasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Bayah