eprintid: 14796 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/96 datestamp: 2022-06-24 03:57:01 lastmod: 2022-06-24 03:57:01 status_changed: 2022-06-24 03:57:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mahmudin, Mahmudin creators_name: Yatri, Ika creators_id: mahmudinmuhammad2@gmail.com creators_id: ikayatri@uhamka.ac.id title: Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran (Role Playing) terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Cipedak 03 Pagi, serta mengetahui Metode Bermain Peran berpengaruh apa tidak dalam Motivasi Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pottest-Only Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument Angket. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas V A dan V B. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 16,86 dengan dk = 68, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi (a) = 0,05 dengan dk = 68 adalah sebesar 1,67. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (16,86 > 1,67), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap motivasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Y. (2015 : 125). Bandung: PT. Refika Aditama. Apsari, P. &. (2018 :52). belajar dan pembelajaran. depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Arikunto, S. (2013 : 174). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Asih. (2016 : 103). Pustaka Setia. Azaz, W. &. (2009 : 109). metode dan model model mengajar. bandung: alfabeta. BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP. Darmadi. (2017 : 36). pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. yogyakarta: CV BUDI UTAMA. Darwis, & Lahming. (2017 : 126). Metode dan Strategi Pembelajaran PKLH. Alauddin University Press. Dewi, N. K. (2016 : 13 ). implementasi metode pembelajaran. kuningan : goresan pena . Dimyati, M. (2013 : 86 ). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN . Jakarta : RINEKA CHIPTA . Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014 : 75). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Endang, S. &. (2017 : 24-25). peningkatan karakter demokratis dan hasil belajar pkn. jawa tengah: nikrus media. Hamdani. (2011 : 87). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia. Hamdani. (2016 : 86 ). metode pembelajaran mutakhir . bandung : eksismedia grafisindo. Hamdayama, J. (2014 : 190). Bogor: Ghalia Indonesia. Hanum, F. H. (2017 : 67). Bermain Peran dan Kemandirian. Aceh: Natural Aceh. Harwono, M. &. (2017 : 35). depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Indrawati, R., & Yaniawati, P. (2016 : 93). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama. Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2016 : 241). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Khodijah. (2014 : 53). jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA. Khuluqo, I. E. (2017 : 129). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. kompri. (2017 : 113). belajar faktor faktor yang mempengaruhinya. yogyakarta : media akademi. Lahming, D. (2017 : 1). metode dan strategi pembelajaran pklh. makassar: alauddin university. majid, a. (2013 : 309). strategi pembelajaran . bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA . Mudjiono, D. &. (2013 : 7 ). belajar dan pembelajaran . jakarta : RINEKA CIPTA . Nara, S. &. (2010 : 7). bogor : ghalia indonesia . Ngalimun. (2018 : 55). Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Nurbaiti, S., & Maryanah, S. (2016 : 78). Strategi dan Metode Pembelajaran Akti dan Menyenangkan. saRaz Publishing. Pendidikan, B. S. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Nasional Pendidikan, 120. Priansa. (2017 : 245 ). bandung : PUSAKA SETIA . Resmini, N., & Djuanda, D. (2007 : 53). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press. Roestiyah. (2008 : 1). Jakarta: RINEKA CIPTA. Sanjaya, W. (2013 : 147). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Sardiman. (2006 : 73). jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA. Siregar, E., & Nara, H. (2010 : 50). TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Bogor: Ghalia indonesia. Siska, Y. (2011). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. http://jurnal.upi.edu/file/4-Yulia_Siska-edit.pdf, 33. Slameto. (2010 : 2). belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. jakarta: PT RINEKA CIPTA. Somantri, E. (2015 : 26). Prestasi Belajar Siswa. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima. Sriwinarti. (2017 : 25 ). Jawa Tengah : NIKRUS MEDIA . Sugiyono. (2010 : 164). Bandung: Alfabeta. Sumantri. (2016 : 379). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT rajagrafindo Persada. Sumardi. (2000 : 10). Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Grasindo. Sutikno, M. S. (2014 : 33). Lombok: Holistica. Suyono, & Hariyanto. (2016 : 19). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Tantawi, I. (2019 : 137). Jakarta: Prenadamedia Group. Tuti, R. &. (2018 : 1). bermain peran bagi pemula. surabaya: pustaka media guru. Ubaedy, A. (2016 :4). Cara-cara Mengajarkan Anak Berbicara Membaca dan Menulis. Jakarta: Bee Media Pustaka. Wahab, A. A. (2012 : 109). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta. Widiaati, E. (2017 : 29). Metode dan Model Pembelajaran. CV Al Qalam Media Lestari. Yamin, H. M. (2013 : 149). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group). zulela. (2012 : 1). pembelajaran bahasa indonesia . bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA . citation: Mahmudin, Mahmudin dan Yatri, Ika (2020) Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14796/1/FKIP_PGSD_1601025201_MAHMUDIN.pdf