%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran (Role Playing) terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Cipedak 03 Pagi, serta mengetahui Metode Bermain Peran berpengaruh apa tidak dalam Motivasi Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pottest-Only Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument Angket. Siswa yang diteliti adalah siswa kelas V A dan V B. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 16,86 dengan dk = 68, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi (a) = 0,05 dengan dk = 68 adalah sebesar 1,67. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (16,86 > 1,67), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap motivasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar. %A Mahmudin Mahmudin %A Ika Yatri %L repository14796 %D 2020 %T Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar %I Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka