eprintid: 14795 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/95 datestamp: 2022-06-25 05:35:32 lastmod: 2022-06-30 10:38:57 status_changed: 2022-06-25 05:35:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Octavianti, Laela Rose creators_name: Soro, Slamet creators_id: lailaroseviant1@gmail.com title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Generatif Berbantu Software Cabri 3D di Kelas VIII-C SMPN 24 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran generatif berbantu software Cabri 3D dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VIII-C SMPN 24 Jakarta. Indikator kemampuan pemecahan masalah meliputi memahami, merencanakan, melaksanakan dan melihat kembali. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desaian Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 24 Jakarta yang berjumlah 34 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, terlihat dari rata-rata nilai 66,27 pada siklus pertama, 80,09 pada siklus kedua. Serta peningkatan persentase keberhasilan peserta didik berdasarkan kriteria keberhasilan minimum 54,54% pada siklus pertama, 81,25% pada siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berbantu software Cabri 3D dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas VIII-C SMP Negeri 24 Jakarta. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Accascina, G., & Rogora, E. (n.d.). Using Cabri 3D Diagrams For Teaching Geometry. International Journal for Technology in Mathematics Education, 13(1). Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Penggunaan Software Cabri 3D Dalam Pembelajaran Matematika Upaya Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Spasial Matematis Siswa. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 28. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.972 Arikunto, Suharsimi (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara Chiarun Nisa, N., & Cahya Mulyaning, E. (n.d.). The 2 nd International Conference on Elementary Education Volume 2 Nomor 1, ISBN 978-623-7776-07-9 ICEE-2 Analysis of Problem Solving Abilities of Junior HighSchool Students on the HOTS Problems. Depdiknas (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas. Hakim, A. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 4(3): 196-207,199. Hamdani, D., Eva, K., & Indra, S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas Viii di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 79–88. Hough, D., & Rickard, A. (2005). Evolution of a Teacher’s Problem Solving Instruction: A Case Study of Aligning Teaching Practice with Reform in Middle School Mathematics Teaching Mathematics as Problem Solving: More Than 20 Years of Reform. 29(1). Indri Anugraheni, Mp. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. KBBI, 2019. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: https://kbbi.web.id/mampu [Diakses 15 November 2019]. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Disertasi dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT. Refika Aditama Made, Wena. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Grasindo Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644 PMK Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020. (2020). Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kementerian Kesehatan RI, 28. Retrieved from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__9_Th_2020_ttg_Pedoman_Pembatasan_Sosial_Berskala_Besar_Dalam_Penanganan_COVID-19.pdf Putri, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Rutin dan Non-Rutin pada Materi Aturan Pencacahan. 2. Reid, Alan J. dan Morrison, Garry R. (2014). Generative Learning Strategy Use and Self-Regulatory Prompting in Digital Text. Journal of Information Technology Education Research. Vol. 13 Rohaeti, E. E. (2012). Analisis Pembelajaran Konsep Esensial Matematika Sekolah Menengah Melalui Pendekatan Kontekstual Socrates Euis Eti Rohaeti. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(2). Sharfina, Halim, A., & Safitri, R. (2017). Model Pembelajaran Generatif Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kuala. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 102–106. Shoimin, Aris. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulm 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media STIA Gazali Barru, S. AL. (n.d.). Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran di STIA AL GAZALI BARRU (Suatu Studi Terhadap Pemanfaatan Model E-Learning Berbasis Software Claroline). In Februari 2019 Meraja Journal (Vol. 2). Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270 Susanto, H. A. (2011). Pemahaman pemecahan masalah pembuktian sebagai sarana berpikir kreatif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, (1997), 189–196. Uno, H., & Koni , S. (2012). Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Virdian, Mohammad S. dan Mahfud E. (2017). The Effects of the Application of Generative Learning Model with Brainstorming Technique on Students; Mathematical Reasoning and Communication Abilities. Vol. 160 Yani, B., & dkk. (2014). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik Kelas V SD/MI. Jurnal Didaktik Matematika. citation: Octavianti, Laela Rose dan Soro, Slamet (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Generatif Berbantu Software Cabri 3D di Kelas VIII-C SMPN 24 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14795/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105028_LAELA%20ROSE%20OCTAVIANTI.pdf