%0 Thesis %9 Bachelor %A Shabrina, Maryam %A Sari, Prima Mutia %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14792 %I Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka %T Efektivitas Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Cakung Timur 06 Pagi %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14792/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivtas penggunaan google form sebagai alat evaluasi pembelajaran IPA di kelas V SDN Cakung Timur 06 Pagi. Penelitian dilaksanakan di kelas V-A, V-B, V-C, dan V-D SDN Cakung Timur 06 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Responden kuesioner adalah seluruh siswa kelas V, dan wawancara dengan guru kelas V. Teknik analisa data dengan pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, analisa data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu dengan krediability, triangulasi, depandibility, dan konfermability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan google form efektif sebagai alat pelaksanaan evaluasi pembelajaran IPA sebesar 84% responden setuju (2) efektivitas penggunaan google form berdasarkan indikator ialah ketepatan waktu sebesar 70%, ketepatan biaya sebesar 54%, ketepatan pengukuran sebesar 78%, ketepatan menentukan pilihan sebesar 78,5%, ketepatan berpikir sebesar 78,6, ketepatan melakukan perintah sebesar 78,1%, ketepatan tujuan sebesar 78,3%, ketepatan sasaran sebesar 78,6%.