TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantu LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis Quasy Experimental dengan tipe The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 184 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa dari kelas VIII-A dan VIII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 10 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 217 Jakarta dengan 36 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan = 5,77 dengan ( , ( )-) = 1,667 yang mengakibatkan tolak pada taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantu LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 184 Jakarta. Y1 - 2020/// TI - Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantu LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka M1 - bachelor UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14791/ AV - public A1 - Ariesta, Puspita Nur A1 - Awalludin, Subhan Ajiz ID - repository14791 ER -