eprintid: 14790 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/90 datestamp: 2022-06-25 05:28:19 lastmod: 2022-06-30 10:33:54 status_changed: 2022-06-25 05:28:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Novianti, Diana creators_name: Wahidin, Wahidin creators_id: diananovianti20@gmail.com creators_id: wahidinmtk@uhamka.ac.id title: Identifikasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal PISA ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi matematis siswa di kelas XI C MTs Yasmine, Depok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang hasil analisis dan pembahasan, ditinjau dari 4 aspek yaitu aspek pemahaman, aspek penerapan, aspek penalaran dan aspek komunikasi. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik MTs Yasmine Depok kelas IX C dalam menyelesaikan soal PISA. Dari aspek pemahaman siswa telah cukup mampu memahami maksud yang diberikan soal. Dari aspek penalaran masih cukup rendah dalam menjelaskan maksud dan memberikan informasi yang terdapat dalam soal. Dari aspek penerapan telah cukup mampu menuliskan atau memformulasikan masalah kedalam bentuk matematika. Dan dalam aspek komunikasi siswa cukup baik dalam menjelaskan dan mengomunikasikan penyelesaian yang diberikan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Di, A., Negeri, S. M. P., & Kibang, L. (2018). DIDIK MELALUI PENYELESAIAN SOAL-SOAL EKSPRESI. Diana, E. L., Suryaningtyas, W., & Suprapti, E. (2016). Pengaturan Lampu Lalu Lintas di Persimpangan Jalan Ahmad Yani Giant dengan Aplikasi Pewarnaan Teori Graf. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 69. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.99 Dores, O. J., & Setiawan, B. (2015). M Eningkatkan L Iterasi M Atematis M Ahasiswa C Alon G Uru S Ekolah Dasar Dalam Membelajarkan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 42–46. Fatmawati, D., & Ekawati, R. (2016). (Mari wes Bagus) Pengembangan Soal Matematika Pisa Like Pada Konten Change And Relationship Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 29–38. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/16677/15147 Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018). Pembelajaran matematika realistik dalam permainan edukasi berbasis keunggulan lokal untuk membangun komunikasi matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 256–262. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19596 Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30. Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839Mu, A. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Putra, Y. Y., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur. Jurnal Elemen, 2(1), 14–26. Rahmawati, E., Annajmi., & Hardianto. (2015). Analisis Kemampuan Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Pisa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 1–5. Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Better Education through Reformed Management and Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK Matematika, 55. citation: Novianti, Diana dan Wahidin, Wahidin (2020) Identifikasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal PISA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14790/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105015_DIANA%20NOVIANTI.pdf