%D 2020 %T Identifikasi Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Penyelesaian Soal PISA %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %A Diana Novianti %A Wahidin Wahidin %X Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi matematis siswa di kelas XI C MTs Yasmine, Depok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang hasil analisis dan pembahasan, ditinjau dari 4 aspek yaitu aspek pemahaman, aspek penerapan, aspek penalaran dan aspek komunikasi. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik MTs Yasmine Depok kelas IX C dalam menyelesaikan soal PISA. Dari aspek pemahaman siswa telah cukup mampu memahami maksud yang diberikan soal. Dari aspek penalaran masih cukup rendah dalam menjelaskan maksud dan memberikan informasi yang terdapat dalam soal. Dari aspek penerapan telah cukup mampu menuliskan atau memformulasikan masalah kedalam bentuk matematika. Dan dalam aspek komunikasi siswa cukup baik dalam menjelaskan dan mengomunikasikan penyelesaian yang diberikan. %L repository14790