eprintid: 14784 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/84 datestamp: 2022-06-24 03:06:37 lastmod: 2022-06-24 03:06:37 status_changed: 2022-06-24 03:06:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Auliani, Novia creators_name: Erwin, Erwin creators_id: aulianinovia4@gmail.com title: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak hasil belajar IPA pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajarn Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan data berbasis daring dengan menggunakan aplikasi Whatsapp serta bekerja sama dengan guru kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas V A 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian persyaratan analisis uji normalitas dengan rumus Uji Liliefors, pada kelas eksperimen (0,118 < 0,161) dan pada kelas kontrol (0,148 < 0,161) maka kedua kelas dinyatakan normal dan pada uji homogenitas dengan rumus uji F (Fisher), (1,79 < 1,85) maka diterima dan dinyatakan kedua kelas dinyatakan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis (6,922 > 2,000), maka diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis daring terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis daring terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aditiya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023 Ardaya, D. A. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA SISWA SEKOLAH DASAR. 1(1), 72–83. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/9065/5641 Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (R. Damayanti (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara. Ariyanto, M. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN RUPA BUMI MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140. Ayunengsih, D., Sapri, J., & Turdjai. (2017). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KEMATANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 79 Kota Bengkulu). DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 19–26. Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28. Hayati, D. K. (2017). Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 151–167. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6824 Hidayah, R., & Pujiastuti, P. (2016). Pengaruh PBL Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Pada Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 186–197. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7789 Istanti, R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gadingan Kecamatan Wates. In Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Istiningsih, G., L.A, E. M., & Prihalina, E. (2018). P engembangan model pembelajaran “promister” untuk meningkatkan hasil belajar wayang pandhawa pada siswa sekolah dasar. Jurnal Umj, II, 94–103. Kadir. (2015). STATISTIKA TERAPAN : Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam penelitian (2nd ed.). RajaGrafindo Persada. Komalasari, K. (2013). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 Pidarta, M. (2013). Landasan Kependidikan : stimulus ilmu pendidikan bercorak Indonesia (2nd ed.). Rineka Cipta. Pratiwi, U. D. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG MORFOLOGI TUMBUHAN DI SD TARAKANITA BUMIJO YOGYAKARTA. In Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://doi.org/10.29333/aje.2019.423a Putrianasari, D. (2015). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI CUKIL01 KECAMATAN TENGARAN-KABUPATENG SEMARANG. Scholaria, 5(1), 57–77. Richard I Arends. (2009). Learning to Teach. McGraw-Hill International Ed. Ridwanulloh, A., Jayadinata, A. K., & Sudin, A. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. EduResearch- Raise The Standard, 1, 731–740. Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Sahimin, Nasution, W. N., & Sahputra, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo. Edu Riligia, 1(2), 152–164. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (K. Rose (ed.); 1st ed.). AR-RUZZ MEDIA. Siregar, E., & Nara, H. (2017a). Teori Belajar dan Pembelajaran (A. Jamaludin (ed.); 4th ed.). Ghalia Indonesia. Siregar, E., & Nara, H. (2017b). Teori Belajar dan Pembelajaran (A. Jamaludin (ed.)). Ghalia Indonesia. Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). PROBLEM BASED LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 (Pertama). UNY Press. Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). ALFABETA. Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo mMakmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90–103. Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Supardi. (2017). STATISTIK PENELITIAN PENDIDIKAN Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan. Rajawali Pers. Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah, 06(01). Warsono, & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. PT Remaja Rosdakarya citation: Auliani, Novia dan Erwin, Erwin (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14784/1/FKIP_PGSD_1601025199_NOVIA%20AULIANI.pdf