@phdthesis{repository14784, year = {2020}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka}, title = {Pengaruh Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14784/}, abstract = {Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak hasil belajar IPA pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajarn Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Teknik pengambilan data berbasis daring dengan menggunakan aplikasi Whatsapp serta bekerja sama dengan guru kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas V A 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian persyaratan analisis uji normalitas dengan rumus Uji Liliefors, pada kelas eksperimen (0,118 {\ensuremath{<}} 0,161) dan pada kelas kontrol (0,148 {\ensuremath{<}} 0,161) maka kedua kelas dinyatakan normal dan pada uji homogenitas dengan rumus uji F (Fisher), (1,79 {\ensuremath{<}} 1,85) maka diterima dan dinyatakan kedua kelas dinyatakan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis (6,922 {\ensuremath{>}} 2,000), maka diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis daring terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis daring terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kapuk 08 Petang Cengkareng Jakarta Barat.}, author = {Auliani, Novia and Erwin, Erwin} }