eprintid: 14783 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/83 datestamp: 2022-06-25 05:28:10 lastmod: 2022-06-30 10:32:32 status_changed: 2022-06-25 05:28:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ningsih, Andini Widya creators_name: Maarif, Samsul creators_id: andini.aulia27@gmail.com creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Norma Sosiomatematik pada Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 113 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan norma sosiomatematik yang dimiliki oleh siswa ketika pembelajaran matematika di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan angket norma sosiomatematik dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 9 siswa yang memiliki kategori norma sosiomatematik sangat baik dengan total persentase indikator 81% dan terdapat 14 siswa yang memiliki kategori norma sosiomatematik baik dengan total persentase indikator 72%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat baiknya norma sosiomatematik yang dimiliki siswa akan berpengaruh terhadap tingginya hasil yang diperoleh siswa pada pembelajaran matematika dan norma sosiomatematik yang baik akan berpengaruh terhadap sedang dan rendahnya hasil yang diperoleh siswa pada pembelajaran matematika. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anisa, S. (2018). Analisis Norma Sosiomatematik ditinjau dari Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi. Lampung : Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Unversitas Islam Negeri Raden Intan. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: PT. Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara. Fitriyanti, N. L. (2018). Pembentukan Norma Sosiomatematik melalui Pendekatan Realistik Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional. Fukawa, T., & Connelly. (2012). Classroom Sociomathematical Norms for Proof Presentation in Undergraduate in Abstract Algebra. Journal of Mathematical Behavior, 31(3), 401–416. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2012.04.002 H.S, R. (2006). Hubungan antara Sikap terhadap Matematika, Kecerdasan Emosional dalam Interaksi Sosial di Kelas dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun 2006. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 63–102. Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.424 Indriani, A., & Ardiani, F. (2019). Karakteristik Berpikir Intuitif dan Norma Sosiomatematik Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 310–321. Kadir. (2008). Mengembangkan Norma Sosiomatematik (Sociomathematical Norms) dengan Memanfaatkan Potensi Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 74–85. Kang, S. M., & Kim, M. K. (2015). Sociomathematical norms and the teacher’s mathematical belief: A case study from a Korean in-service elementary teacher. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(10), 2733–2751. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1308a Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 229–235. Levenson, E., Tirosh, D., & Tsamir, P. (2009). Students’ Perceived Sociomathematical Norms: The Missing Paradigm. Journal of Mathematical Behavior, 28(2–3), 171–187. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2009.09.001 Lindawati, S. (2011). Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan, 2(2), 16–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jp.2.2.%25p Lopez, L. M., & Allal, L. (2007). Sociomathematical Norms and the Regulation of Problem Solving in Classroom Microcultures. International Journal of Educational Research, 46, 252–265. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2007.10.005 Manurung, A. S., Izzati, N., & Ramadhona, R. (2020). Profil Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). 1(1), 487–497. Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UMS, 3, 28–47. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Partanen, A. M., & Kaasila, R. (2015). Sociomathematical Norms Negotiated in the Discussions of Two Small Groups Investigating Calculus. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(4), 927–946. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9521-5 Putra, R. C. E., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2017). Identifikasi Sikap dan Interaksi Sosial Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Collaborative Learning pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Jember. Kadikma, 8(2), 105–113. Rizkianto, I. (2013). Norma Sosiomatematik dalam Kelas Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Rofiq, A. N., Hobri, & Setiawan, T. B. (2017). Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel Kelas VII-B SMP Negeri 4 Jember. Kadikma, 8(2), 87–94. Setiyani, & Ardiani, F. (2018). Norma Sosiomatematik dalam Mata Kuliah Statistika Deskriptif Teoritis. Prosiding SNMPM II, Prodi Pendidikan Matematika, Unswagati, Cirebon II. Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, cv. Sulfikawati, D., Suharto, & Kurniati, D. (2016). Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di Kelas VII-C SMP Negeri 11 Jember. JURNAL EDUKASI UNEJ, III(3), 1–4. Tatsis, K. (2007). Investigating the influence of social and sociomathematical norms in collaborative problem solving. Cerme 5, 5, 1321–1330. Utari, R. S. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/01/men UU Sisdiknas, Bidang DIKBUD KBRI (2003). https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x Wedege, T. (2003). Sociomathematics : People and Mathematics in Society. Adults Learning Maths Newsletter, 20, 2–4. Widodo, S. A., & Purnami, A. S. (2018). Mengembangkan Norma Sosiomatematik Dengan Team Accelerated Instruction. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 29–48. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.238 Widodo, S. A., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2019). Can Sociomathematical Norms Be Developed with Learning Media? Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012005 Wijaya, A. (2014). Permainan (Tradisional) untuk Mengembangkan Interaksi Sosial, Norma Sosial dan Norma Sosiomatematik pada Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 1, 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Yackel, E., & Cobb, P. (1996). Sociomathematical Norms, Argumentation, and Autonomy in Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics, 27(4), 458–477. https://doi.org/10.2307/749877 Young, E. (2002). Unpacking Mathematical Content Through Problem Solving. In A Dissertation Submited to the Graduate Faculty. citation: Ningsih, Andini Widya dan Maarif, Samsul (2020) Analisis Norma Sosiomatematik pada Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 113 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14783/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105013_ANDINI%20WIDYA%20NINGSIH.pdf