%X Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan norma sosiomatematik yang dimiliki oleh siswa ketika pembelajaran matematika di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan angket norma sosiomatematik dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 9 siswa yang memiliki kategori norma sosiomatematik sangat baik dengan total persentase indikator 81% dan terdapat 14 siswa yang memiliki kategori norma sosiomatematik baik dengan total persentase indikator 72%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat baiknya norma sosiomatematik yang dimiliki siswa akan berpengaruh terhadap tingginya hasil yang diperoleh siswa pada pembelajaran matematika dan norma sosiomatematik yang baik akan berpengaruh terhadap sedang dan rendahnya hasil yang diperoleh siswa pada pembelajaran matematika. %A Andini Widya Ningsih %A Samsul Maarif %L repository14783 %D 2020 %T Analisis Norma Sosiomatematik pada Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 113 Jakarta %I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka