eprintid: 14782 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/82 datestamp: 2022-06-24 02:51:50 lastmod: 2022-06-24 02:51:50 status_changed: 2022-06-24 02:51:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhanti, Shinta creators_name: Handayani, Trisni creators_id: shinta3424@gmail.com creators_id: trisni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0001-5364-0819 title: Pembentukan Karakter Kerja Sama melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Entrepreneur Bagi Siswa SMAN 2 Babelan ispublished: pub subjects: L subjects: L1 divisions: sch_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter kerja sama melalui kegiatan ekstrakurikuler entrepreneur bagi siswa SMAN 2 Babelan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukkan hasil bahwa adanya keterkaitan yang signifikan dalam pembentukan karakter kerja sama siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler entrepreneur diantaranya melalui kegiatan praktek, seminar, lomba, serta kegiatan-kegiatan sosial. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler entrepreneur memiliki tingkat kerja sama yang baik dari mengikuti berbagai kegiatan yang ada di ekstrakurikuler entrepreneur yang menumbuhkan kejujuran, solidaritas, inisiatif, kepekaan, dan menghargai terhadap sesama. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adji, W., Suwerli, & Suratno. (2007). Ekonomi untuk SMA/MA Jilid 3 Kelas XII. Erlangga. Aji, S. P., Mulyadi, H., & Widjajanta, B. (2018). KETERAMPILAN WIRAUSAHA UNTUK KEBERHASILAN USAHA. Journal of Business Management Education, 3. Arie, S., Tawil, & Subiyanto. (2018). Socmed (Social Media) Sebagai Sarana Implementasi Pendidikan Karakter pada Siswa Pendidikan Dasar. EDUKASI: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 87–92. https://doi.org/10.31603/edukasi.v0i0.2350 Arifin, M. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif YAM (1st ed.). Deepublish. Armiwulan, H. (2015). Diskriminasi Rasial dan Etnis sebagai Persoalan Hukum dan Hak Asasi Manusia. Jurnal Masalah-Masalah Hukum, 493–502. Budiani, & Sholikhah, N. (2020). Pengaruh Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Persamaan Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Karakter. Duha, T. (2016). Perilaku Organisasi (1st ed.). Deepublish. Fadlillah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Ar-Rus Media. 95 Kemdikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. PT Refika Aditama. Maryana Devi, P., & Wahyu Pusari, R. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama melalui Permainan Pipa Bocor pada Kelompok B RA Darus Sa’adah Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v6i1.1867 Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615 Mesa, N. M. R., Aspin, & Rudin, A. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perilaku Altruisme Siswa. Jurnal BENING, 4. Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). Remaja Rosdakarya. Muawanah. (2018). Pentingnya Pendidikan untuk Tanamkan Sikap Toleran di Masyarakat. Jurnal Vijjacariya, 5(1). Natalya, N. P., & Herdiyanto, Y. K. (2016). Dunia Sukarelawan Remaja: Frekuensi Aktivitas Kerelawanan dan Psychological Well-Being Sukarelawan Remaja di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 3. 96 Ngatini, Marzuki, & Utami, S. (2017). Pembentukan karakter kerjasama dan cinta tanah air melalui pembelajaran tematik model webbing di sekolah dasar pontianak timur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6. Ningrum, D. F. (2019). Kegiatan Inklusi Sosial di Perpustakaan Ganesha SMA N 1 Jetis Bantul. Jurnal Perpustakaan, 10(2). Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9, 464–468. Pratiwi, Y. E., & Sunarso. (2018). Peranan Musyawarah Mufakat (BUBALAH) dalam Membentuk Iklim Akademik Positif di Prodi PPKN FKIP UNILA. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 20. Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3. Rizkiawati, R., Wibhawa, B., S, M. B., & Raharjo, S. T. (2017). Pentingnya Buku Panduan bagi Volunteer pada Organisasi Sosial (Studi Kasus pada Lembaga Rehabilitasi ODHA dan Konsumen NAPZA RUMAH CEMARA KOTA BANDUNG). Share: Social Work Jurnal, 7. Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108 Rukiyati, Y., Ch. Nany Sutarini, P., & Priyoyuwono. (2014). Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Terintegrasi dalam Perkuliahan 97 Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2797 Saidang, & Suparman. (2019). Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.140 Santosa, S. (2012). Dinamika Kelompok. Rajawali Pers. Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3. Setiani, R. E. (2016). Pendidikan Anti Kekerasan Untuk Anak Usia Dini: Konsepsi dan Implementasinya. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1. Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (9th ed.). Alfabeta. Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press. Suwatno. (2019). Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bumi Aksara. Syakir, M., Tamsah, H., & Sani, A. (2017). Analisis Kegiatan Pendidikan Ekstrakurikuler Untuk Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMA Negeri 1 Sinjai Borong. Jurnal Mirai Management, 2(2), 108–125. 98 Wiyani, N. A. (2013). Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek dan Strategi). Ar-Rus Media. Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Susanto, A. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033 citation: Ramadhanti, Shinta dan Handayani, Trisni (2020) Pembentukan Karakter Kerja Sama melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Entrepreneur Bagi Siswa SMAN 2 Babelan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14782/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1601085022_SHINTA%20RAMADHANTI.pdf