eprintid: 14781 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/81 datestamp: 2022-06-24 03:06:18 lastmod: 2022-06-24 03:06:18 status_changed: 2022-06-24 03:06:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Lusiana creators_name: Kasriman, Kasriman creators_id: Lusianadewwii@gmail.com creators_id: kasriman@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN Wanasari 10 ispublished: pub subjects: H subjects: L1 divisions: 86206 abstract: Guru dapat dikatakan kurang kreatif dan inovatif saat menjelaskan materi pelajaran IPS. Maka dari itu, media ini dirasa efektif dipakai didalam pembelajaran SD, karena penggunaannya yang praktis dan memudahkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media pembelajaran Power Point terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Wanasari 10 Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wanasari 10 di Cibitung Kabupaten Bekasi, siswa kelas IV A dan IV B. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan model Quasi Experimental design, karena digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Nonequivalent Control Group Design yaitu, dimana kelas eksperimen maupun kelas kontrol tidak dipilih secara random. Dan menggunakan desain penelitian berupa Posttest-Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Jenuh. Metode penelitian ini merujuk pada buku dari Sugiyono tahun 2014. Penelitian ini diharapkan dapat memberi pengaruh yang positif dalam penggunaan media pembelajaran power dalam keterampilan menyimak siswa. Pada uji realibilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung = 0,87 > rtabel = 0,35, maka data tersebut dapat memiliki instrumentnya yang reliabel. Selanjutnya, data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan rumus uji Liliefors diperoleh Lhitung 0,0914 < Ltabel 0,1610, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher diperoleh Fhitung 1,1871 < Ftabel 1,880, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,035 dengan ttabel 2,000 pada = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran Power Point terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Wanasari 10. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A. Kusdiwelirawan.2013. Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Arikunto. (2010:326). Prosedur Penelitian. Jakarta. Arsyad, A. (2011: 24-25). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Asih. (2016: 55). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia. Asra, d. (2007: 5.5). Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional . dkk., Y. (2018). Penerapamn Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Model Paired Story Telling pada siswa kelas V SDN 238 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 33. Falahudin, I. (2014: 108). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Gunawan, R. (2016: 84). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA, cv. Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara . Hidayati, d. (2008: 1.27). Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Khaerunnisa, d. (2018: 33). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education. Mulyati. (2015: 1.3). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: PDGK4101/MODUL 1. Omih. (2017: 61). Penerapan Metode Bercerita Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V SDN Panyinkiran 3 Kabupaten Sumedang. MPD. Pebriana, d. (2017: 768). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi dan Media Boneka Tangan pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Pebriana, d. (2017:768). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi dan Media Boneka Tangan pada Pembelajaran Tematik kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Penelitian dan Pengembangan SD. Puspitasari, H. d. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media). Retnaningsih, d. (2013: 3). Peningkatan Menyimak Dongeng Menggunakan Media Audio dengan Strategi Membangkitkan Rasa Ingin Tahu pada Siswa kelas VIIA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Rohani, I. R.-K. (2018: 93). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom. Rohini. (2010: 76). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 02 Korleko. Jurnal Educatio. Rosdia. (2014: 252). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Sari, M. K. (2014: 69). Pengaruh Media Peta Interaktif Terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Premiere Educandum. Sirait, G. d. (2014: 32). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inpafi. Sugiyono. (2010: 82). Metode Penelitian Kuantitarif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV. Sugiyono. (2017: 78). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Sugiyono. (2018: 196). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung. Tarigan. (2013: 105). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa. Wati, E. R. (2006: 13-16). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena. Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena. Wati, E. R. (2016: 100-102). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena. Wijayanti, L. G. (2012: 121). Metode & Strategi Pembelajaran yang Unik. Jogjakarta: AR- RUZZ MEDIA. Yatumia, d. (2018: 33). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Model Paired Story Telling pada siswa kelas V SDN 238 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. Zinnurrain, S. d. (2018: 12). Pengaruh Penggunaan Media MS Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan. citation: Dewi, Lusiana dan Kasriman, Kasriman (2020) Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN Wanasari 10. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14781/1/FKIP_PGSD_1601025193_LUSIANA%20DEWI.pdf