eprintid: 14777 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/77 datestamp: 2022-06-24 03:05:56 lastmod: 2022-06-24 03:05:56 status_changed: 2022-06-24 03:05:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kamilah, Iik creators_name: Hari, Naredi creators_id: iiqkamila@gmail.com creators_id: harinaredi@uhamka.ac.id title: Persepsi guru terhadap penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Cikiwul I Kota Bekasi ispublished: pub subjects: H subjects: L1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Cikiwul I Kota Bekasi pada tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologis. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa guru-guru di SD Negeri Cikiwul I Kota Bekasi sudah tidak asing lagi dalam penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dalam proses pembelajaran IPS. Hasil dari penerapan metode Numbered Head Together (NHT) itu sendiri dalam pembelajaran IPS dapat menciptakan suasana belajar yang aktif yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar untuk mengeluarkan pendapatnya pada saat berdiskusi. Berdasarkan persepsi guru tentang penerapan metode Numbered Head Together (NHT) di kelas dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan. Pada penerapan metode NHT masih terdapat beberapa kekurangan dan ada pula kelebihannya. Namun dari kekurangan tersebut masih bisa diperbaiki dengan berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh guru. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Affandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model & Metode Pembelajaran di Sekolah (ke 1). Unissula Press. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rhieneka Cipta. Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter (R. Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia. Mulyana, mutia agisni, Hanifah, N., & Jayadinata, asep kurnia. (2016). Penerapan model kooperatife tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1, 4. Murtadlo, Z. A. dan A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif (ke 1). PT. Sarana Tutorial Sejahtera. Nurhaidah, M. I. M. (2016). Pengembangan Potensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas dalam Mewujudkan Tenaga Guru yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, Vol 2. https://doi.org/2337-9227 Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-Ilmu Kesialaman, 03. https://doi.org/2460-2345 Permana, E. P. (n.d.). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatife Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1. https://doi.org/2460-6324 Prawira, P. A. (2014). Psikologi Umum Dengan Perspektif Baru (R. T. Sari (ed.); cetakan ke, p. 64). AR-RUZZ MEDIA. Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran (ke 1). CV. Pustaka Setia. Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta. Rojuli, S. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan IPS. Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. CV. Alfabeta. Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran (Y. S. Hayati (ed.); ke 1). PT. Bumi Aksara. Saputra, A. T. (n.d.). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. Sari, D. N. (n.d.). Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah SMK Se Kecamatan Lubuk Alung. Administrasi Pendidikan FIP UNP. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (p. 103). Rhieneka Cipta. Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran (ke 1). Deepublish. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Surahman, E., & Mukminan. (n.d.). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 4. Syaripudin, T. (2006). Landasan Pendidikan. Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (ke 4). Kencana, Prenada Media Group. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu (ke 7). PT. Bumi Aksara. Warsono. (2017). Guru antara : Pendidik, Profesi, dan Aktor Sosial. The Journal of Society & Media, Vol.1(1)1-. Yazid, T. P., & Ridwan. (n.d.). Proses Persepsi Diri Mahasiswi dalam Berbusana Muslimah. Pemikiran Islam. citation: Kamilah, Iik dan Hari, Naredi (2020) Persepsi guru terhadap penerapan metode Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Cikiwul I Kota Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14777/1/FKIP_PGSD_1601025192_IIK%20KAMILA.pdf