eprintid: 14776 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/76 datestamp: 2022-06-25 05:28:03 lastmod: 2022-06-30 10:30:47 status_changed: 2022-06-25 05:28:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rachmania, Risa creators_name: Wahidin, Wahidin creators_id: risarachmania@gmail.com creators_id: wahidinmtk@uhamka.ac.id title: Kontribusi Manipulatif Berbasis Aplikasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa ABK Tunarungu ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi manipulatif berbasis aplikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ABK tunarungu. Manipulatif berbasis aplikasi yang digunakan adalah Shapes 3D Geometry Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika, orang tua, dan siswa ABK tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi yang diberikan manipulatif berbasis aplikasi pada indikator mendefinisikan konsep secara tulisan, mengidentifikasi unsur-unsur suatu konsep, mengubah suatu bentuk representasi ke bentuk lain dan mengenal berbagai makna dan interpretasi konsep siswa tunarungu dikategorikan rendah; pada indikator mengaitkan sesuatu dengan hal lainnya dan menyadari proses yang dilakukan siswa tunarungu dikategorikan sedang; dan pada indikator mengidentifikasi contoh dan bukan contoh suatu jaring-jaring kubus dan mempresentasikan suatu konsep dalam bentuk model, diagram dan simbol dikategorikan tinggi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Bouck, E. C., Working, C., & Bone, E. (2017). Manipulative Apps to Support Students With Disabilities in Mathematics. Intervention in School and Clinic, 53(3), 177–182. https://doi.org/10.1177/1053451217702115 Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus (Pertama). Yogyakarta. Dewi, N. K. (2017). Manfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk AUD. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12–19. Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4), 87–94. Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan Kualitatif (1st ed.). Depok: Rajawali Pers. Erawati, I. L., Sudjarwo, & Sinaga, R. M. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusif. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 20–29. Eriana, Kartono, & Sugianto. (2019). Understanding Ability of Mathematical Concepts and Students‟ Self-reliance towards Learning by Implementing Manipulative Props (APM) on Jigsaw Technique Article Info. Journal of Primary Education, 8(2), 176–183. https://doi.org/10.15294/jpe.v8i2.25984 Hafsyah. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pemecahan Masalah DDFK ( Definisi , Desain , Formulasi , Dan Komunikasi ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. EDUMASPUL, 2(1), 24–39. Hamid, D., & Mukzam, M. D. (2008). Pengaruh motivasi kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan. 1–9. Hasmira, Hadis, A., & Mustafa. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Tunarungu Kelas Dasar III Di SLB YPAC Makassar. Hayati, N. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Bhayangkari Medan. Journal of Didactic Mathematics. Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. F. Atif, ed.). Retrieved from refika.aditama@gmail.com Hernawati, T. (2007). Pengembangan kemampuan berbahasa dan berbicara anak tunarungu. 7(1), 101–110. Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Suara Guru Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaiora, 3(2), 199–212. Ichwan, M., & Hakiky, F. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku). Jurnal Informatika, 2(2), 13–21. Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. ABADIMAS ADI BUANA, 2(1), 33–40. Mardatillah, Yatim, Y., & Yanti, M. (n.d.). Bentuk perlakuan diskriminasi terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi sd negeri 52 kuranji kecamatan kuranji. Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT, 4(1), 76–85. Moyer-Packenham, P. S., Litster, K., Bullock, E. P., & Shumway, J. F. (2018). Using Video Analysis to Explain How Virtual Manipulative App Alignment Affects Children‟s Mathematics Learning. Uses of Technology in Primary and Secondary Mathematics Education ICME-13 Monographs, 9–34. https://doi.org/10.1007/978-3-319-76575-4_2 Mudyahardjo, R. (2014). Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia (9th ed.). Jakarta: Rajawali Pers. Muhsetyo, G., & Susanto, H. (2017). Pemahaman Konsep Siswa pada Unsur-unsur Bangun Ruang Sisi Lengkung. Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI, 2(2), 8–18. Nuh, M. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Odom, S. L., & Diamond, K. E. (1998). Inclusion of Young Children with Special Needs In Early Childhood Education : The Research Base. Early Childhood Research Ouarlerl, 13(1), 3–25. Rusdiati, F. (2012). Penggunaan alat peraga benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep segi empat pada mata pelajaran matematika. Salim, A. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Kelas IV SDLB Penyandang Tuna. Jurnal Techno Nusa Mandiri, XII(1), 77–95. Sari, E. F. P. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question. Mosharafa, 6(1). Satsangi, R., & Bouck, E. C. (2014). Using virtual manipulative instruction to teach the concepts of area and perimeter to secondary students with learning disabilities. Learning Disability Quarterly, 38(3), 174–186. https://doi.org/10.1177/0731948714550101 Satsangi, R., & Miller, B. (2017). The case for adopting virtual manipulatives in mathematics education for students with disabilities. Preventing School Failure, 61(4), 303–310. https://doi.org/10.1080/1045988X.2016.1275505 Siregar, M., & Permana, I. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Mobile Untuk Navigasi Ke Alamat Pelanggan TV Berbayar ( Studi Kasus : Indovision Cabang Pekanbaru ). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 82–94. Suarsana, Mahayukti, Sudarma, & Pujawan. (2019). The Effect of Interactive Mathematics Learning Media toward Mathematical Conceptual Understanding on Probability of Hearing- impaired Students The Effect of Interactive Mathematics Learning Media toward Mathematical Conceptual Understanding on Probability. Journal of Physics. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1165/1/012021 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). Retrieved from sugiyono_ft@yahoo.com Suhartini, B. (2011). Merangsang Motorik Kasar Anak Tuna Rungu Kelas Dasar Sekolah Luar Biasa Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(November). Suningsih, A., & Arnidha, Y. (2017). Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(3), 375–384. Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ). 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897 Suryadinata, N., & Farida, N. (2016). Analisis Proses Berpikir Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Di SMP Inklusi Kota Metro (Studi Kasus pada Siswa Tunagrahita Ringan). Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 5(1), 94–104. Suwaji, U. T. (2008). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif (T. Sutanti, ed.). Suwastarini, N. N., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SDLB B ( Tunarungu ) Pada SLB B Negeri PTN Jimbaran. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–10. Wati, T. L., & Novita, D. (2018). Analisis Gambar Siswa Tuna Rungu Ditinjau Dari Makna Bahasa Rupa (Bentuk dan Warna) di SLB Dewi Sartika Geluran Sidoarjo. 1(3), 1–12. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1400 Winarsih, S., Jamal‟s, H., Asiah, A., Idris, F. H., Adnan, E., Prasojo, B., … Sembda, I. K. (2013). Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (Orang Tua, Keluarga, dan Masyarakat). Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 1–17. Wirna, Y., Silitonga, E. C., Fika, M., & Putri, R. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Korektor Kalimat Berbasis Android untuk Anak Tunarungu. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi Volume, 18(2). Wulandari, E. D., Hidayanto, E., & Rahardi, R. (2019). Representasi Matematis Siswa Tuna Rungu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 971–978. Yani, C. F., Roza, Y., Murni, A., Daim, Z., & Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (1), 63–75. citation: Rachmania, Risa dan Wahidin, Wahidin (2020) Kontribusi Manipulatif Berbasis Aplikasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa ABK Tunarungu. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14776/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105011_RISA%20RACHMANIA.pdf