eprintid: 14773 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/73 datestamp: 2022-06-24 03:05:33 lastmod: 2022-06-24 03:05:33 status_changed: 2022-06-24 03:05:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Komalasari, Dinda creators_name: Nawawi, Nawawi creators_id: dindakomala20@gmail.com creators_id: nawawi@uhamka.ac.id title: Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L1 subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca intensif siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran kooperatif menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SDN Gedong 03 semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen yaitu true experimental dengan desain penelitian Post test- Only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah kelas IV C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 siswa dan kelas IV D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa. Pada uji validitas menggunakan Korelasi Product Moment sebanyak 10 soal uraian dengan 9 soal valid dan 1 soal invalid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan r11 diperoleh Rhitung = 0,78 > Rtabel = 0,388. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan data nilai post test diperoleh hasil rata-rata kelas kontrol 69,83 dan kelas eksperimen 88,041. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan liliefors diperoleh uji normalitas post-test pada kelas eksperimen untuk taraf signifikan a = 0,05 Lhitung = 0,161 dan Ltabel = 0,173. Sedangkan uji normalitas post-test pada kelas kontrol untuk taraf signifikan a = 0,05, diperoleh Lhitung = 0,1304 dan Ltabel = 0,173. Karena Lhitung < Ltabel berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,239 < Ftabel 2,014 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut memiliki varians antar kelas berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung 11,256 dengan Ttabel ada a 0,05 = 2,012 , maka dengan demikian Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SDN Gedong 03 Pagi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Buku Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama. Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers. Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa (1st ed.). Deepublish. Daryanto, & Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21 (1st ed.). Gava Media. Harikunto Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (V). Pustaka Belajar. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika Pendidikan (3rd ed.). Uhamka Press. Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca (1st ed.). Deepublish. Mudlofir, A., & Rusdiyah, E. F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori ke Praktik. Rajawali Pers. Priansa D, J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. CV Pustaka Setia. Rahayu, W. (2014). Model Pembelajaran Komeks. Deepublish. Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia Group. Samsu Somadayo. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca (1st ed.). Graha Ilmu. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning (15th ed.). Penerbit Nusa Media. Sudaryono, & Wiharsono, W. (2010). Ayo Belajar Bahasa Indonesia Jilid 6 untuk SD dan MI Kelas 6. Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (21st ed.). Alfabeta. Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa. Jurnal Aini, N. (2009). Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Artikulasi, 8(2), 503–523. Febriyanto, B. (2016). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 71–83. Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Di Sd/Mi. Auladuna, 1(1), 27–35. Lalremruati. (2019). Graphic Novels as Substitutions of Traditional Books to Improve Intensive Reading Skills. Language in India, 19(1), 120–123. Magdalena, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Tangerang 5. Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(8), 118–124. Rahayu, S., & Sidiqin, M. A. (2019). Pengaruh Teknik Membaca Intensif Terhadap Kemampuan Menemukan Ide Pokok Paragraf Dalam Artikel “KPK BATMAN YANG LELAH” Pada Siswa Kelas XII SMA SWASTA PABA SECANGGANG KAPUPATEN LANGKAT. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(2), 103–111. Resmiati, T. F. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dan Kemampuan Berpikir Analitik dengan Metode GIST (Generating Interaction Schemata And Text) melalui Pendekatan Saintifik. Tunas Siliwangi, 2(1), 138–158. Setiawati, N. P. Y., Arini, N. W., & Suarni, N. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Tulisan Eksposisi Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. Yuliani, N. masengut sukidi. (2013). Penerapan Strategi SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, 01, 1–4. Skripsi Firdausi, O. (2019). Pengaruh Metode CIRC (Cooprative Integrated Reading and Composition) dalam Membaca Pemahaman Terhadap Pencapaian Hasil Belajar pada Siswa Kelas V di SDN Karangrejo 02. Universitas Jember. Fridayati. (2017). Efektifitas Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition ( Circ ) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Mi Al Khoiriyyah 01 Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Walisongo. Widiastuti, T. (2017). Keefektifan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Scramble terhadap Keterampilan Menemukan Gagasan Utama Paragraf Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Pangeran Diponegoro Semarang. Universitas Negeri Semarang. citation: Komalasari, Dinda dan Nawawi, Nawawi (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14773/1/FKIP_PGSD_1601025188_DINDA%20KOMALASARI.pdf