eprintid: 14772 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/72 datestamp: 2022-06-24 03:05:23 lastmod: 2022-06-24 03:05:23 status_changed: 2022-06-24 03:05:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prayudi, Dimas Ivan Prayudi creators_name: Rahmiati, Rahmiati creators_id: rahmiati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar IPS yang menggunakan model pembeajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap peserta didik kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi eksperimen. Populasi penelitian siswa kelas IV A dan B berjumlah 62 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal. Pada uji validitas yang menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan KR-20 memperoleh Rhitung = 0,88 > Rtabel = 0,355, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lhitung 0,104 < Ltabel 0,159 maka dapat disimpulkan bahwa berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,2,3 FTabel 1,84 maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok yang homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung 2,31 dan Ttabel 1,670 pada a = 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak H1 diterima. Kesimpulan penelitian terdapat pengaruh pada hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap peserta didik kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agung, L. (2012). Implementasi Model Pembelajar IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 149. Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Budiyanto, A. K. (2016). SINTAKS 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press. Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Dalam M. Dimyati, Belajar dan Pembelajaran (hal. 18). Jakarta: Rineka Cipta. Farid Setiawan dan Agus Budi Santoso. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 318. Haq, A. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur. Jakarta: Skripsi UHAMKA. Hariyanto, S. d. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT REMJA ROSDAKARYA. Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian & Puji Sumarsono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Dalam Y. P. Husamah, Belajar dan Pembelajaran (hal. 18- 19). Malang: UMM Press. Karwono dan Heni Mularsih. (2017). Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistik Pendidikan. Jakarta: UHAMKA PRESS. Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV PUSTAKA SETIA. Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Ni Nyoman Parwati, I. P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Dalam I. P. Ni Nyoman Parwati, Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers. Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalme Guru. Depok: Rajawali Pres. Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Dalam Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi (hal. 2). Jakarta: Rineka Cipta. sugiyono. (2016). metodologi penelitian. jakarta: mediakita. Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Dalam A. Suprijono, Cooperative Learning (hal. 2). Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR. Susanto, A. (2013). teori belajar & pembelajaran. Jakarta: KENCANA. Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: KENCANA. Turahman, S. (2014). Pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK Visual,Auditory,Kinestetic terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 24 Rawamangun. Jakarta: Skripsi UHAMKA. Wahyu Badja Sulfemi, N. M. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification TechniqueBerbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/235/215, 53-68. citation: Prayudi, Dimas Ivan Prayudi dan Rahmiati, Rahmiati (2020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14772/1/FKIP_PGSD_1601025187_DIMAS%20IVAN%20PRAYUDI.pdf