TY - THES Y1 - 2020/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar IPS yang menggunakan model pembeajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap peserta didik kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi eksperimen. Populasi penelitian siswa kelas IV A dan B berjumlah 62 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal. Pada uji validitas yang menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan KR-20 memperoleh Rhitung = 0,88 > Rtabel = 0,355, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lhitung 0,104 < Ltabel 0,159 maka dapat disimpulkan bahwa berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung 1,2,3 FTabel 1,84 maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok yang homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh Thitung 2,31 dan Ttabel 1,670 pada a = 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak H1 diterima. Kesimpulan penelitian terdapat pengaruh pada hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap peserta didik kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara. A1 - Prayudi, Dimas Ivan Prayudi A1 - Rahmiati, Rahmiati TI - Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara M1 - bachelor PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka AV - public UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14772/ ID - repository14772 ER -