%I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %L repository14771 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi, keterampilan belajar, pendidikan karakter siswa dalam rancangan pembelajaran inovatif.Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif deskriptif. Untuk sumber data yang dipilih adalah purposive sampling dengan kriteria mengetahui rancangan pembelajaran inovatif dengan jumlah informan sebanyak tiga orang dimana ketiga informan tersebut membuat rancangan pembelajaran inovatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMK Kawula Indonesia dalam rancangan pembelajaran inovatif sudah cukup baik. Rancangan pembelajaran Inovatif yang dilakukan di SMK Kawula Indonesia dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sudah disederhanakan, namun belum berorientasi pada HOTS (Higher Order Thingking Skills) dan belum mengacu pada unsur-unsur yang terdapat dalam pembelajaran inovatif. %A Ajeng Cahyaningtiyas %A Supriansyah Supriansyah %D 2020 %T Rancangan Pembelajaran Inovatif Di Tengah Pandemi Covid-19 Di SMK Kawula Indonesia