eprintid: 14769 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/69 datestamp: 2022-06-24 03:05:09 lastmod: 2022-06-24 03:05:09 status_changed: 2022-06-24 03:05:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Safitri, Diah Lestari creators_name: Sya'ban, Ali creators_id: safitri.d36@yahoo.com creators_id: ali_syaban@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Jenis Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 02 Banding Agung Sumatra Selatan ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Jenis Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 02 Banding Agung Sumatra Selatan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design serta Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan K-R 20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,886 > 0,404, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji pesyaratan yaitu normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen metode Simulasi Lo < Lt yaitu 0,137 < 0,190 dan kelas kontrol Lo < Lt yaitu 0,155 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi Normal. Sedangkan uji hoomogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,80 < 2,17, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji Hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,807 > 2,024. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan motode Simulasi terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri 02 Banding Agung. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anas, Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Aqib, Zainal & Ali Murtadlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bahri, Saepul Bahri. (2017). Pengaruh Pembelajaran IPS Terhadap Pemahaman Peserta Didik SMP Tentang Bencana Gempa Bumi Di Kecamatan Pangalengan. Pedagogik. Vol. 5, No 1 diunduh tanggal 17 Januari 2020. Chotimah, Chusnus & Muhammad Fathurrohman. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran : Dari Teori, Metode, Model, Media Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Ginanjar, G & Linda, K. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Pembelajaran Matematika Di Kelas 3 SDN Cibadayut 4. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Subang. Vol. 1, No 2. diunduh pada tanggal 17 Januari 2020. Herwandannu, B & Suprayitno. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. Jurnal PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. Vol. 06, No 12. Diunduh pada tanggal 17 Januari 2020. Ikasari, Yunita. (2017). Profil Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol. 01, No 08 diunduh tanggal 21 Januari 2020. Ismail, Nurdin & Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia. Kolnel, O & Juniriang Z. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar XYZ Gunung Sitoli, NIAS. Jurnal Ilmiah. Vol. 15 No 2 diunduh tanggal 19 Agustus 2020. Kurniawati dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Masalah Sosial Menggunakan Model Pembelajaran Coyrse Review Horay Pada Kelas IV SD. Vol. 02, No 03 diunduh tanggal 11 Maret 2020. Kusdiwelirawan, Acep. (2014). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Kusdiwelirawan, Acep. (2017). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Nasution, Toni & Maulana Arafat Lubis. (2018). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Samudra Biru. Nuryadi dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya. Parwati, Ni Nyoman dkk. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada. Riadi, Edi. (2015). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri. Rizka, N dkk. (2017). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Transformasi Pendidikan Abad 21. Voli. 6 No. 44 diunduh tanggal 19 Agustus 2020. Rusydi, Ananda &Muhammad Fadhli. (2018). Statistika Pendidikan: Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita. Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada. Siyoto Sandu, dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group Syafril. (2019). Statistik Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. Utami, Kitri Mipa dkk. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Asesmen Portofolio Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Fisika Prodi Pendidikan Fisika dan Fisika Fakultas MIPA UNJ. Vol 35 diunduh tanggal 11 Maret 2020. Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing. citation: Safitri, Diah Lestari dan Sya'ban, Ali (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Jenis Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 02 Banding Agung Sumatra Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14769/1/FKIP_PGSD_1601025186_DIAH%20LESTARI%20SAFITRI.pdf