%0 Thesis %9 Bachelor %A Safitri, Diah Lestari %A Sya'ban, Ali %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:14769 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %T Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Jenis Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 02 Banding Agung Sumatra Selatan %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14769/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Jenis Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 02 Banding Agung Sumatra Selatan pada semester II tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Design serta Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan K-R 20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,886 > 0,404, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji pesyaratan yaitu normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Kelas Eksperimen metode Simulasi Lo < Lt yaitu 0,137 < 0,190 dan kelas kontrol Lo < Lt yaitu 0,155 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi Normal. Sedangkan uji hoomogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,80 < 2,17, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji Hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,807 > 2,024. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan motode Simulasi terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri 02 Banding Agung.