eprintid: 14766 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/66 datestamp: 2022-06-24 03:04:55 lastmod: 2022-06-24 03:04:55 status_changed: 2022-06-24 03:04:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Akbar, Deny creators_name: Rahmiati, Rahmiati creators_id: rahmiati@uhamka.ac.id title: Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan STAD terhadap Hasil Belajar Tema 8 Siswa Kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan STAD pada siswa kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan quasi eksperimen. Popupasi penelitian 60 siswa, sampel pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen I sebanyak 30 siswa dan kelas eksperimen II sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dengan 30 soal pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen I dengan chi-kuadrat X2hitung = -7,4407 dan nilai x2tabel = 7,81473. Pada kelas eksperimen II X2 hitung = -1,2182 dan nilai x2 tabel = 7,81473 dimana x2 hitung < x2 tabel maka kedua data tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung= 1,29238 sedangkan Ftabel =1,86081, karena Fhitung < Ftabel maka kedua sampel tersebut homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan Thitung=2,20 dan Ttabel=2,00, sehingga dapat disimpulkan Thitung>Ttabel yaitu 2,20 > 2,00 menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini, terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan STAD terhadap hasil belajar tema 8 siswa kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Tahun Pelajaran 2019/2020. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Asra, S. d. (2016). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Asrul, d. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media. Baharuddin. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Fauziana, L. (2017). Keefektifan Model Jigsaw Dan STAD Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 1 Kejobong Kabupaten Purbalingga. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Intan, I. d. (2017). Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Mediapersada. Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada. Jaya, I. (2013). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis. Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Lestari, K. E. (2015). Uji Homogenitas. kurniaekalestari.wordpress.com, 248. Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muharomah, S. (2017). Perbandingan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan STAD Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Yogyakarta: FAI UMY. Nurmawati. (2016). Evaluasi Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media. Sanja, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sugianto, d. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 125. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Syafaruddin. (2016). Sosiologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Yamin, M. (2017). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group. citation: Akbar, Deny dan Rahmiati, Rahmiati (2020) Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan STAD terhadap Hasil Belajar Tema 8 Siswa Kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14766/1/FKIP_PGSD_1601025183_DENY%20AKBAR.pdf