TY - THES AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan STAD pada siswa kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan quasi eksperimen. Popupasi penelitian 60 siswa, sampel pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen I sebanyak 30 siswa dan kelas eksperimen II sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dengan 30 soal pilihan ganda yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen I dengan chi-kuadrat X2hitung = -7,4407 dan nilai x2tabel = 7,81473. Pada kelas eksperimen II X2 hitung = -1,2182 dan nilai x2 tabel = 7,81473 dimana x2 hitung < x2 tabel maka kedua data tersebut berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung= 1,29238 sedangkan Ftabel =1,86081, karena Fhitung < Ftabel maka kedua sampel tersebut homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan Thitung=2,20 dan Ttabel=2,00, sehingga dapat disimpulkan Thitung>Ttabel yaitu 2,20 > 2,00 menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini, terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan STAD terhadap hasil belajar tema 8 siswa kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Tahun Pelajaran 2019/2020. PB - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka A1 - Akbar, Deny A1 - Rahmiati, Rahmiati ID - repository14766 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14766/ M1 - bachelor Y1 - 2020/// TI - Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan STAD terhadap Hasil Belajar Tema 8 Siswa Kelas V SDN Ulujami 05 Pagi Jakarta Selatan ER -