TY - THES TI - Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Siklus Air Untuk Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar ID - repository14763 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14763/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka A1 - Agustin, Novin A1 - Arini, Novanita Whindi AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi pada materi siklus air untuk mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan Borg and Gall yang dilakukan dengan tujuh tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk dan revisi produk . Media pembelajaran video animasi silkus air untuk mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan ini telah diuji validitas oleh para ahli yang terdiri dari ahli media, ahli materi, ahli IT dan ahli pakar pendidikan dengan rata rata penilaian dari keempat ahli adalah 94,36%, uji coba produk kelompok kecil dengan rata-rata penilaian sebesar 91,4% dan uji coba produk kelompok besar dengan rata-rata penilaian sebesar 92,07%. Perhitungan hasil tersebut didapatkan menggunakan perhitungan skala likert. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi silkus air untuk mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi silkus air untuk mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. M1 - bachelor Y1 - 2020/// ER -