eprintid: 14762 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/62 datestamp: 2022-06-24 02:51:10 lastmod: 2022-06-24 02:51:10 status_changed: 2022-06-24 02:51:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramadhan, Finanda creators_name: Astuti, Sri creators_id: finandaramada@gmail.com title: Pengaruh Kualitas Layanan Bagian Umum Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka ispublished: pub subjects: L subjects: L1 divisions: sch_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas layanan bagian umum terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Muhammadiyah prof. dr. hamka pada semester tahun ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini sebanyak 311 orang dan diambil 76 sebagai sampel. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal dan linier dengan pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan linearitas maka dilakukan perhitungan regresi linier. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 36,3 + 0,51 (X) dan hasil perhitungan ANOVA didapat Fhitung < Ftabel (2,038 < 2,21) dan Rhitung>Rtabel (0,726 > 0,227). Berdasarkan pengujian hipotesis hasil didapat Thitung>Ttabel (9,081 > 1,992) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0,527 × 100% = 52,7%, berarti kualitas layanan bagian umum berpengaruh kuat terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi. Sedangkan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain kualitas layanan bagian umum. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas layanan bagian umum terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Almana, Sudarmanto, dan Wekke. (2018). Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi. Cetakan Ke-1, Deepublish. Atmadjati, A. (2018). Layanan Prima Dalam Praktik Saat Ini. Cetakan Ke-1, Yogyakarta: Deepublish. Dailati, S. (2018). Kebijakan Retribusi Kebersihan dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Surabaya: Publishing. Fatihudin dan Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa. Cetakan Ke-1, Deepublish. Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran, Cetakan Ke-I, Yogyakarta: Deepublish. Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Cetakan Ke-1, Rajawali Pers. Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner menggunakan SPSS. Cetakan Ke-1, PT Elex Media Komputindo. Indahingwati dan Rahmayani (2019). Kepuasan Konsumen dan Citra Institusi Kepolisian. IKAPI. Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. IKAPI. Kasmir. (2018). Customer Servie Excellent Teori dan Prakti. Cetakan Ke-2, Depok: Rajawali Pers. Ivancevich dan Hardani. (2006). Perilaku dan Manajemen Organisasi.Penerbit Erlangga. Gea dan Wulandari. (2005). Character Building IV Relasi dengan Dunia. Jakarta: PT Elex Nedia Komputindo. 123 Gunawan, (2011). Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol 12 (1). http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18242 kusumawati, A. (2018). Perilaku Konsumen dan Pemasaran Pendidikan Tinggi. Cetakan Ke-1, UB Press. Kusdiyantoro, S. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasa Mahasiswa Program Pascasarjana Magister Manajemen STIE ABI Surabaya. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan Vol 1 (2), 22. http://ojs.umsida.ac.id/index/php/JBMP/article/download/268/251. Marlius, D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Stie Kbp. Jurnal Ipteks Terapan Vol 12 (2), 116. https://doi.org/10.22216/jit.2018.v12i2.633. Mulyadi, dkk. (2016). Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta. Mulyo dan Ukudi (2007). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol 14 (2). https://media.neliti.com/media/publications/24240-ID-pengaruh-kualitaslayanan- kepercayaan-dan-komitmen-terhadap-loyalitas-nasabah-st.pdf. Nuralam, I. P. (2017). Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Tim Ub Press. Putrawan, M. I. (2017). Pengujian Hipotesis dalam Penelitian-Penelitian. Bandung: Alfabeta. Rangkuti, F. (2002). Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ke-I, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Rangkuti, F. (2013). Customer Service SatisFaction & Call Center. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 124 Rangkuti, F. (2016). Customer Service Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Cetakan Ke-1, Penerbit Alfabeta. Sedarmayanti. (2004). Good Governance. Cetakan Ke- I, Mandar Maju. Sedarmayanti. (2009). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi Dan Kepemimpinan Masa Depan. Cetakan I, Bandung: PT Refika Aditama. Subagiyo dan Adlan, (2017). Pengaruh Service Quality Marketing Mix dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol 13 (1). https://media.neliti.com/media/publications/79812- ID-pengaruh-service-quality-marketing-mix-d.pdf. Sudarso, A. (2016). Manajamen Pemasaran Jasa Perhotelan. Cetakan Ke-1, Deepublish. Sujarweni, W. V. (2014). SPSS untuk Penelitian. Cetakan Ke-1, Pustaka Baru Press. Soegoto, E. S. (2008). Marketing Research The Smart Way to Solve A Problem. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kompas Gramedia. Simamora, B. (2001). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sudjana. (2013). Metode Statistika. Tarsito Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke- 23, Bandung: Alfabeta Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3x Baca. Cetakan Ke-1, Sleman: Deepublish. Tangkilisan, Hessel N. S. (2005). Manajemen Publik. Cetakan Ke-1, Jakarta: PT Grasindo. 125 Tjiptono, Fandy dan Chandra. (2011). Service, Quality dan Satisfaction Edisi Ke- 3, Yogyakarta: Andi. Tjiptono, Fandy. (2008). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi Ke-1, Yogyakarta: Andi. Tjiptono, Fandy. (2009). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi Ke-2, Yogyakarta: Andi. Yusuf, M (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Edisi Ke-1, Jakarta: Prenadamedia Group. citation: Ramadhan, Finanda dan Astuti, Sri (2020) Pengaruh Kualitas Layanan Bagian Umum Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14762/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1601085016_FINANDA%20RAMADHAN.pdf