TY - THES TI - Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis E-learning Melalui Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur ID - repository14760 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14760/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka A1 - Anisah, Anisah A1 - Solihati, Nani AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Berbasis E-learning Melalui Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur pada semester II 2019/2020. Metode Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksprimen, populasi ini berjumlah 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas model pembelajaran Berbasis E-learning Melalui Aplikasi Quizizz dan 30 siswa pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Berbasis E-learning Melalui Aplikasi Quizizz. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen tes yang berbentuk soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban yang telah diuji dengan melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan dilakukan uji normalitas yang menggunakan uji Liliefors dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher maka data dinyatakan normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t dan diperoleh thitung = 7,625 dan ttabel = 2,002 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58. thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Berbasis E-learning melalui aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah PKP JIS Jakarta Timur. M1 - bachelor Y1 - 2020/// ER -