%I Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka %L repository14759 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gesture yang terjadi pada siswa tunanetra ketika di berikan rangsangan matematis berdasarkan teori belajar Bruner dan untuk mengetahui kecerdasan majemuk yang dominan pada diri siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian study kasus. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunanetra dengan golongan buta total (blind). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan metode analisis kualitatif menggunakan bantuan software ATLAS.ti sebagai alat untuk mempermudah proses analisis. Berdasarkan penelitian ini, gesture yang muncul pada siswa tunanetra selama penerapan teori belajar Bruner adalah sebanyak 84 kali. Terdiri dari 43 kali gesture ikonik, 21 kali gesture metaforik, dan 20 kali gesture diektik. Dengan persentase kemunculan gesture ikonik sebesar 50,5%; gestur metaforis sebesar 25,9%; dan gesture diektik 23,6%. Pada peneapan teori belajar buner dapat menghasilan kecerdasan kinestetik lain yang dominan diantaranya bercerita, mendongeng, bernyanyi, dan murotal. %A Tifany Dita Saskia %A Wahidin Wahidin %D 2020 %T Gesture Matematis Siswa Tunanetra dalam Operasi Hitung berdasarkan Teori Belajar Bruner