eprintid: 14758 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/58 datestamp: 2022-06-24 03:04:14 lastmod: 2022-06-24 03:04:14 status_changed: 2022-06-24 03:04:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ulfa, Maria creators_name: Amaliyah, Nurrohmatul creators_id: ririulfa99@gmail.com creators_id: nurramaliyah@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Tokoh Fiksi Siswa Kelas IV SDN Ciracas 03 Pagi ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Tokoh Fiksi dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing pada siswa kelas IV SDN Ciracas 03 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020 di masa pandemik Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-test Post-test Control Group Design. Dengan tahapan penelitian yakni melaksanakan pembelajaran di kelas IV-A dengan menggunakan model Role Playing dan kelas IV-B dengan tidak menggunakan Role Playing melalui grup WhatsApp. Sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Pada uji validitas menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan 24 soal valid dan 6 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung = 0,38>0,33 rtabel, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh data baik kelas eksperimen maupun kontrol memiliki nilai Lo