eprintid: 14756 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/56 datestamp: 2022-06-24 03:04:06 lastmod: 2022-06-24 03:04:06 status_changed: 2022-06-24 03:04:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setyawan, Nova creators_name: Yatri, Ika creators_id: novafr19@gmail.com creators_id: ikayatri@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pembelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar ispublished: pub subjects: H1 subjects: L1 divisions: 86206 abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengbangakan Media pembelajaran IPS pada materi Proklamasi Kemerdekaan berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V, serta untuk mengetahui kualitas produk Media pembelajaran IPS pada materi Proklamasi Kemerdekaan berbasis Augmented Reality untuk siswa kelas V yang telah dikembangkan sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang biasa disebut dengan Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang diadapatasi, model ini memiliki 5 tahapan yaitu : 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Namun penelitian ini dibatasi sampai tahap ke empat yaitu implementation (implementasi). Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Media Augmented Reality di uji coba kepada siswa kelas V Sekolah Dasar yang berada dilingkungan rumah dengan sampel 20 siswa. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Media Augmented Reality Berbasis Android yang sudah dikembangkan serta sudah di uji cobakan berdasarkan penilaian ahli media pada aspek Tampilan Karakter mendapatkan persentase 87% dengan kategori Sangat Setuju, aspek Tampilan Kartu mendapatkan persetase 95% dengan kategori Sangat Setuju, ,aspek Rekayasa Perangkat Lunak mendapatkan persentase 95% dengan kategori Sangat Setuju, aspek audio mendapatkan persentase 100% dengan kategori Sangat Setuju dan aspek Animasi mendapatkan persentase 85% dengan kategori Sangat Setuju. Sehingga secara keseluruhan penilaian aplikasi yang didapatkan sebesar 92% dengan kategori Sangat Setuju. Penilaian oleh ahli materi dalam aspek Materi mendapatkan persentase 93% dengan kategori Sangat Setuju, aspek Pembelajaran mendapatkan pesentase 93% dengan kategori Sangat Setuju, dan aspek Manfaat mendapatkan persetanse 100% dengan kategori Sangat Setuju. Sehingga mendapatkan penilaian secara keseluruhan 95% dengan kategori Sangat Setuju. Penilaian oleh siswa dalam aspek Tampilan Karakter mendapatkan persentase 92% dengan kategori Sangat Setuju, aspek Tampilan Kartu mendapatkan persentase 94% dengan kategori Sangat Setuju, aspek Pembelajaran mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Setuju, dan aspek Manfaat mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Setuju. Sehingga mendapatkan penilaian secara keseluruhan sebesar 91% dengan kategori Sangat Setuju. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan Media Augmented Reality Berbasis Android layak digunakan sebagai sumber belajar siswa Kelas V Sekolah Dasar. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: ALfianika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish. Andi. (2014). Mudah Membut Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D. Semarang: Wahana Komputer. Arifitama, B. (2017). Panduan Mudah Membuat Augmented Realty. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Behera, S. K. (2013). M-Learning: A New Learning Paradigm. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(2), 24–34. Budi Arifitama. (2017). Panduan Mudah Membuat Augmented Reality.Yogyakarta: CV. Andi Offset. Fahmi, S. (2018). Membangun Multimedia Interaktif. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara. Handoko, T., Tahyudin, I., & Sudaryanto, E. (2011). Aplikasi Mobile Learning Tutorial Pengkabelan dalam Mata Kuliah Jaringan Komputer II di STMIK AMIKOM Purwokerto. Jurnal Telematika, 4(1), 25–35. Hasyim, A. (2016). Metode Peneitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi. Herlinah, & Musliadi. (2019). Pemograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photo Shop, dan Audition. PT. Elex Media Koputindo. Imamah. (2016). Pemrograman Berbasis Mobile Learning Android Studio. Yogyakarta: DEPUBLISH. Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera. Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), 1, 1–12. Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pres. Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706 Pernata, B. A., Pamodji, A. K., & Sanjaya, R. (2015). Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity 3D. PT. Elex Media Koputindo. Rohiman, & Anggoro, B. S. (2019). Penggunaan Prezi untuk Media Pembelajaran Matematika Materi Fungsi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 23–32. Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengebangan Kependidikan. Depok: Rajawali. Rusnandi, E., Sujadi, H., Fibriyany, E., & Fauzyah, N. (2016). Implementasi Augmented Reality ( AR ) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. Infotech Journal. Saputro, R. E., & Saputra, D. I. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2), 153–162. Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal IPTEK, 20(1), 95–108. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta. Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Wahyuningsih, D., & Makmur, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung. Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena. citation: Setyawan, Nova dan Yatri, Ika (2020) Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pembelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14756/1/FKIP_PGSD_1601025173_NOVA%20SETYAWAN.pdf