eprintid: 14754 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/54 datestamp: 2022-06-24 03:03:58 lastmod: 2022-06-24 03:03:58 status_changed: 2022-06-24 03:03:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maulidya, Fitri creators_name: Soro, Slamet creators_id: fitrimaulidya26@gmail.com title: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI di Kelas V SD Negeri Mampir Cileungsi Bogor Tahun 2020 ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika, hal ini terlihat dari latar belakang masalah yang ada bahwa sebagian peserta didik masih mendapatkan nilai dibawah rata-rata keriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 69. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model SAVI dapat meningkatkan hasil belajar bangun ruang pada kelas V semester 2 SDN Mampir Cileungsi Bogor Tahun Pelajaran 2019-2020”. Peneliti menyusun tahapan-tahan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : Perencanaan atau persiapan tindakan, pelaksaan tindakan, observasi dan refleksi. Prosedur penelitian ini terdapat beberapa tindakan yaitu sebelum tindakan dan sesudah tindakan, sesudah tindakan terdiri dari 2 siklus. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar matematika. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta diidik, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pada materi bangun ruang secara individu terhadap peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Di Kelas V SD Negeri Mampir Cileungsi Bogor Tahun 2020 semester 2. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus di mana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu tahap planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian sebanyak 35 peserta didik. Data dikumpulkan melalui test dan observasi pada peserta didik dan guru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan pada peserta didik kelas V SDN Mampir. Hal ini dibuktikan dengan prosentase kriteria ketuntasan minimal yaitu: pra siklus yang hanya 34%, siklus 1 mencapai 43%, siklus 2 mencapai 66%, serta rata-rata nilai kelas yaitu: pra siklus yang hanya 64,51, siklus 1 mencapai 68,54, siklus 2 mencapai 75,06. Hasil tersebut dapat dijadikan kesimpulan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran SAVI membuat peserta didik lebih aktif, antusias dan termotivasi untuk mengikutinya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arzet. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Alpabet. Asra, Sumiati. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 2007. Aunurrahman, 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alpabet. Dimiyati. 2015. Buku Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2011. EA Afriansyah – kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau melalui model pembelajaran SAVI dan konvensional. Jurnal Riset Pendidikan 2016 - hikmahuniversity.ac.id , IJ G Nisa, Dkk. Keefektifan model somatic, auditory, intelektually, visualization pada mata pelajaran IPA. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan 2016 Ihsana El Khuluqp. 2016. Belajar Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilau Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Jakarta. Kencana Ni Nyoman Parwati, dkk. 2018. Buku Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara. S Wijayanti, Joko sungkono. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu model creative problem soving berbasis somatic, auditory, visualization, intelektully. Dari jurnal: Al-Khawarizmi (Jurnal pendidikan matematika) Sugesti, R Simamora, A Yarmayanti - Jurnal Pendidikan 2018 - phi.unbari.ac.id. Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R & D. Bandung Alfabet. Sungkono-Al Jabar (Jurnal pendidikan 2017, ejournal.radenintan.ac.id , S Ulfah. Sutarniyati 2016. Panduan Penelitian Skripsi Penelitian Tindakan Kelas. Riau. Wakidi Kirjo Karsinadi. 2017. Model SAVI. Bogor. Ghalia Indonesia Yoppy Wahyu Purnomo. 2013. Buku Geometri dan Pengukuran. Jakarta. Uhamka Press citation: Maulidya, Fitri dan Soro, Slamet (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI di Kelas V SD Negeri Mampir Cileungsi Bogor Tahun 2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14754/1/FKIP_PGSD_1601025169_FITRI%20MAULIDYA.pdf