eprintid: 14753 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/53 datestamp: 2022-06-24 02:50:27 lastmod: 2022-06-24 02:50:27 status_changed: 2022-06-24 02:50:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Defianti, Nurulliza creators_name: Astuti, Sri creators_id: nurullizafadillah@gmail.com title: Kualitas Layanan Online Akademik di FKIP UHAMKA Pada Era Pandemi Covid 19 ispublished: pub subjects: L subjects: L1 divisions: sch_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan online akademik di FKIP Uhamka Pada Era Pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif. Untuk sumber data dipilih ialah Purpose Sampling dengan kriteria menguasai dan memahami mengenai Layanan Online Akademik di FKIP Uhamka sebanyak 3 orang yang terdiri dari Kepala Tata Usaha FKIP Uhamka, Kepala Bagian Sub Bagian Akademik, dan Staf Akademik. Serta yang menggunakan Layanan Online akademik Pada Era Pandemi di FKIP Uhamka , yaitu dipilih dari 2 mahasiswa rumpun IPS, 2 mahasiswa rumpun Ilmu pengetahuan, 2 mahasiswa dari rumpun MIPA, 2 mahasiswa dari rumpun Bahasa. Teknik Pengumpulan data dilakukan di Bagian Akademik FKIP Uhamka dengan menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian yang didapat dilapangan bahwa Kualitas Layanan Online Akademik di FKIP Uhamka meliputi (1) Bukti Fisik, (2) Kehandalan, (3) Ketanggapan, (3) Jaminan, (4) Empati. Bukti Fisik penampilan pelayanan online akademik fkip uhamka yaitu penampilannya menarik, mudah diakses, user friendly, lebih interaktif Dan sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelayanan online akademik yakni sarananya meliputi web komputer, laptop, Handphone serta Operator atau admin online akademik. Untuk prasarana nya meliputi wifi, internet, dan adanya kapasitas bandwith ≤ 3000 Mbps yang besar dari BPTI didukung oleh ICT Center FKIP uhamka. Lalu Standar Pelayanan Tepat Waktu itu mengacu pada sop jam kerja Dengan melihat jam kerja pada masa pandemi jam 09.00- 15.00 wib dengan ketentuan diluar jam kerja tersebut tetap Pelayanan 1x24 jam dilayanani. Kemudian Daya Tanggap dalam menanggapi permintaan, pertanyaan dan keluhan bahwa sudah cukup baik daya tanggapnya dengan tepat sesuai standar, menanggapi dengan mengarahkan dan menghubungi pelayanan sesuai bagiannya permasalahan yang dirasakan mahasiswa dapat dtanggapi dengan cepat di Era Pandemi Covid 19. mengenai kompetensi karyawan dalam keterampilan yakni sudah cukup baik dari cara mereka berkomunikasi, merespon pertanyaan, ramah, sopan & santun , dan memandu memberikan informasi / layanan yang kita butuhkan. Empati dalam memberikan perhatian dan kepekaan kepada pengguna Layanan Online Akademik pada Era Pandemi covid 19 yakni Pelayanan online akademik telah memberikan kepedulian pada era pandemi, hal ini ditandai dengan adanya pengurangan biaya sks sebesar 150 ribu untuk setiap mahasiswa, menanyakan kabar dan mengingatkan untuk menajga kesehatan di era pandemi ini, serta memberikan informasi setiap apapun bentuknya terkait perubahan-perubahan yang ada kepada mahasiswa melalui edaran online kepada mahasiswa pada era pandemic covid 19. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alfi Syahri Lubis, N. R. (2017). PengaruhKualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasaan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal Of Bussiness Administration Vol. 1 No.2, September 2017, Hlm 232-243 e-ISS:2548-9909, 4. Alfiani, A. (2016). Kepuasaan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik di subbag pendidikan fakultas ilmu pendidikan negeri yogyakarta. enprints.uny.ac.id, 19. Crystalia, O. G. (2015). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. https://eprints.uny.ac.id, vii. Dr. Taufiqurokhman, A.ks., S.Sos., M.Si. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Publik. Tangerang: UMJ PRESS. fikri, S. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, 121. Husda, N. E. (2018). Analisa Kualitas Pelayanan sistem informasi akademik terhadap kepuasan pengguna sistem di STMIK Putera Batam. CBIS Journal, Volume 1, Nomor 1, ISSN 2337 – 8794, 2. 112 Indrajit, P. R. (2016). E-Learning dan Sistem Informasi Pendidikan. Yogyakarta: PREINEXUS. Prof. Rully Indrawan, M. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran. Rahmanita, E. (2015). Kualitas Pelayanan Dalam Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Lampung. digilib.unila.ac.id, 2. Roselina, M. A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Kepuasaan Konsumen. Journal.usm.ac.id, 5. Sugiono, P. D. (2013). metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta. Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kombinas (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Sugiyono, P. D. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN METODE KOMBINASI(MIXED METHODS). Bandung: ALFABETA CV. Tjiptono, F. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: ANDI. UHAMKA, U. T. (2018). Petunjuk untuk Mahasiswa Akademki Online. Jakarta: UHAMKA. 113 Yesi Susanti, S. Y. (2015). Sistem Pelayanan Online Pada Asosiasi Inkido Bengkulu. Jurnal Media Infotama Vol. 11 No. 2, September 2015, 2. Yulianti, J. E. (2016). Pengaruh Kualoitas Pelayanan Terhadap kepuasaan Pelanggan pada jne cabang bandung. DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 11 No. 2, September 2016, 266. https://fkip.uhamka.ac.id/ citation: Defianti, Nurulliza dan Astuti, Sri (2020) Kualitas Layanan Online Akademik di FKIP UHAMKA Pada Era Pandemi Covid 19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14753/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1601085012_NURULLIZA%20DEFIANTI.pdf