eprintid: 14751 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/51 datestamp: 2022-06-24 03:03:38 lastmod: 2022-06-24 03:03:38 status_changed: 2022-06-24 03:03:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muntu, Gerry Adhitya creators_name: ninawati, mimin creators_id: miminninawati30@gmail.com title: Pengembangan Media Puzzle Berbasis Kontekstual Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Gedong 03 Pagi Jakarta ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan empat langkah yaitu: 1) Tahap define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) development (Pengembangan), 4) disseminate (penyebaran). Tempat penelitian adalah SD Negeri Gedong 03 Pagi Jakarta. Subjek uji coba lapangan awal adalah kelompok kecil 5 siswa dan subjek uji coba kelompok besar 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket tanggapan siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan produk adalah media pembelajaran Puzzle materi sumber daya alam mata pelajaran IPA di kelas V SDN Gedong 03 Pagi Jakarta. Hasil validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 100% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media mendapat skor rata-rata 90% dengan kategori “sangat layak”. Hasil tanggapan siswa berskala besar berdasarkan uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 83.31% yang termasuk kategori “sangat layak” dan tanggapan siswa bersakala kecil berdasarkan uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 86.33% yang termasuk kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kontesktual pada materi sumber daya alam ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Buhari, B. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berbasis Realistik pada SMP Rintisan Sekolah BertarafInternasional.Makassar: Universitas Negeri Makasar. Chandra Ade, D R. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Anak Usia Dini, 01 (01). HM, M. (2017). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Publisher. Husna, N. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 05(01), 66-71. Jamil, Sya’ban. 2012. 56 Games untuk Keluarga. Jakarta: Republika Penerbit Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi.Bandung: Reflika Aditama. Mahardikha, dkk. Permainan Edukatif dengan Media Puzzle Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun TK Islamiyah. (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/3631/3640, diakses 04 September 2020 Pukul 13.20 WIB) Musfiqon, H. (2017). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta Pustaka Publisher. Muslich, M. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual: Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Ninawati Mimin, dkk. (2019). KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN, 112 Ninawati Mimin, dkk. (2019). Contextual Teaching And Larning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 112. Pravita Halim Claudia. (2018). Pengembangan Media Puzzle Rantai Makanan Berbasis Metode Montessori Kelas IV Sekolah Dasar. Jambi: Universitas Jambi (https://repository.unja.ac.id/4488/1/ARTIKEL%20CLAUDIA.pdf, diakses pada 04September 2020 Pukul 15.30 WIB ) Rumakhit, N. (2017). Jurnal Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa jenis Simbolis dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017, 01 (02). Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Depok : Rajawali Pers. Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfatannya.Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sudjino, A. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sungkono. (2016). Evaluasi Media Pendidikan. Yogyakarta: UNY PRESS. Sulianto Joko. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika, 04 (02). Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkakan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018, 105. Thiagarajan, S. S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute Special Education. University of Minnesota. Utami, I. D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK MATERI ATURAN DALAM KELUARGA UNTUK KELAS III SD NEGERI PANGGANG SEDAYU BANTUL, 119-134. Winarni E W. (2018). TEORI DAN PRAKTIK KUANTITATIF, KUALITATIF, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara. Yugha Erlangga dan Tim Esensi. (2018). "Seri Berani Menginspirasi: Cara Inovatifku Mengajar". Jakarta : Esensi Erlangga Group. Yulinada, dkk (2019). Pegembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Pendidikan Karakter Pada Subtema 4 Tema 2 Kelas II Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta Zainal, A. (2013). “Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya citation: Muntu, Gerry Adhitya dan ninawati, mimin (2020) Pengembangan Media Puzzle Berbasis Kontekstual Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Gedong 03 Pagi Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14751/1/FKIP_PGSD_1601025165_GERRY%20ADHITYA%20MUNTU.pdf