eprintid: 14738 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/38 datestamp: 2022-06-25 05:27:49 lastmod: 2022-06-30 10:22:56 status_changed: 2022-06-25 05:27:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Apriliyana, Novi creators_name: Tsurayya, Ayu creators_id: ayu.tsurayya@uhamka.ac.id title: Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Elektronik (E-learning) di Kelas VII-6 SMP Negeri 257 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran elektronik (elearning) di kelas VII-6 SMP Negeri 257 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-6 SMP Negeri 257. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Teknik analisis data diberi skor berdasarkan skala penilaian. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik termotivasi dengan adanya kegiatan belajar menggajar menggunakan elearning. Hal ini dapat dilihat dari persentase masing-masing indikator yaitu 1) Adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil dengan persentase 79,1%, 2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar dengan pesentase 80,8%, 3) Adanya harapan dan cita-cita masa depan 78%, 4) Adanya penghargaan dalam belajar 85,4%, 5) Adanya kegiatan menarik dalam belajar 70,3%, 6) Adanya lingkungan belajar yang kondusif 52,7%. Sedangkan persentase rata-rata untuk semua indikator adalah 74,5%. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A‟yun, Q., Sujiwo, D. A. C., & Hidayatullah, A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 27. https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420 Akfatulilah, R., Sulistyarini, & Warneri. (2019). ANALISIS MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IIS 2 SMA SANTUN UNTAN PONTIANAK. 1–8. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Restu Dama). jakarta: bumi aksara. Asmar, R. S., Kurniaman, O., & Hermita, N. (2019). Analisis Motivasi Intrinsik Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus 1 Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 93. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6327 Ayu, G. F. L., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2012). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PROGRAM LINTAS MINAT PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 16 PALEMBANG. 69–79. Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa MTs dalam Pembelajaran Matematika Materi Segitiga dengan Berbantuan Media Javascript Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 134–143. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.173 Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis motivasi belajar matematika siswa sma bingkai cendekia cililin berbantuan aplikasi geogebra pada materi transformasi geometri. 3(1), 49–58. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58 Ernata, Y. (2017). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT. 5(September), 781–790. Hamzah, A. A., Syarief, A., & Mustikadara, I. S. (2012). PENGARUH TAMPILAN VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN KATEGORI WEBSITE E-LEARNING. 2012(Snati), 15–16. Hartati, E. (2017). ANALISIS SISTEM PENERAPAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE UTAUT ( UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCED USE OF TECHNOLOG ) ( Study Kasus : STMIK XYZ ). 8(1), 13–18. Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN ELEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI TAHUNAN YOGYAKARTA. 2, 66–79. Jundullah, M., Umar, R., & Yudhana, A. (2019). ANALISIS PENERIMAAN SISTEM E-LEARNING SMK NEGERI 4 KOTA SORONG DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ( TAM ). 724– 729. Khairudin, Rahmi, E., Rahmidani, R., Rusdinal, Gistituati5, N., & 1. (2019). Analisis kebijakan penggunaan e-learning di universitas negeri padang. 8(2), 97–104. Melinda, I., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(2), 81–86. Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. VIII(2). Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS REAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. 2, 50–59. Priambodo, C. G. (2013). Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Efektivitas Belajar Menurut Keragaman Siswa Dan Orang Tua : Studi Kasus Smalb Pangudi Luhur Jakarta. Faktor Exacta, 6(1), 1–16. Putri, wakhidati nurrohman. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. 1(1), 1–16. Ramadan, anisa risqi. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DIDUKUNG E-LEARNING (EDMODO, SCHOOLOGY) DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK PGRI 1 SURABAYA. 7(3), 193–200. Rikizaputra, & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. 11(1), 106– 118. Rismawati, N., & Kadarisma, G. (2011). Analisis motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. 01(02), 491–496. Rohman, M. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Gambar Teknik Berbasis Multimedia. 05, 8–13. Romlah, S., Nugraha, N., Nurjanah, S., & Setiawan, W. (2019). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA SD ALBAROKAH 448 BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ICT BERBASIS FOR VBA EXCEL PADA MATERI GARIS BILANGAN. 3(1), 220–226. Royani, I., Falahudin, I., & Testiana, G. (2018). Pengaruh Media Edmodo Sebagai Basis E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 30–34. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v4i1.1734 Rusli, M., & Purnama, F. (2019). Pengembangan e-learning mata pelajaran teknologi layanan jaringan. 3(2), 57–63. Rusman. (2011). model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. jakarta: rajagrafindo persada. Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591 Sari, P. (2015). MEMOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ELEARNING. VI(2), 20–35. Setiawan, A., Nurlaela, L., Muslim, S., & Yundra, E. (2019). PENGEMBANGAN E LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN VOKASI. (September), 52–56. Setyaningsih, S., Setiani, F., & Jayadi. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. VII(1), 47–54. Srinadi, ni luh putri. (2015). Analisis Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 9–10. Suharyanto, & Mailangkay, adele B. L. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3, 17– 21. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2016.02.001 Suryadi, S. (2015). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. 3(3). Susanti, E. D., Astuti, B., Syarifah, B. A., Popilaya, P., & Azizah, N. (2019). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN BAHAN AJAR FISIKA TERKOMPLEMENTASI AYAT AL-QURAN. 7(2). Syarif, I. (2012). pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa smk. 2, 234–249. Ucu, N. La, Paturusi, S. D. E., & Sompie, S. R. U. . (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. 13(1). Winata, R., & Friantini, rizki nurhana. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 1 Kuala Behe. Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ), 43–50. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12810 Yustanti, I., & Novita, D. (2019). PEMANFAATAN E-LEARNING BAGI PARA PENDIDIK DI ERA DIGITAL 4 . 0 UTILIZATION OF E-LEARNING FOR EDUCATORS IN DIGITAL ERA 4 . 0. 338–346. citation: Apriliyana, Novi dan Tsurayya, Ayu (2020) Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Elektronik (E-learning) di Kelas VII-6 SMP Negeri 257 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14738/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105007_NOVI%20APRILIYANA.pdf