eprintid: 14737 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/37 datestamp: 2022-06-25 05:27:34 lastmod: 2022-06-30 10:20:38 status_changed: 2022-06-25 05:27:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pramesti, Titania Dewi creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: titaniadewipramesti@gmail.com creators_id: sigid@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-1432-1564 title: Analisis Kecemasan Matematika Peserta Didik Dalam E-Learning Kelas VIII-7 Di SMP Negeri 12 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi pada situasi pandemi seperti ini terutama saat mengikuti pelajaran matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematika yang dihadapi oleh peserta didik dalam e-learning. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Jakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner (angket) dan wawancara terkait kecemasan matematika dalam e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 6 peserta didik dalam kategori kecemasan matematika tinggi, 23 peserta didik dalam kategori kecemasan matematika sedang dan 5 peserta didik dalam kategori kecemasan matematika rendah. Faktor yang mempengaruhi kecemasan matematika pada peserta didik yaitu pada faktor kognitif (berfikir), afektif (sikap/perasaan), psikomotorik (reaksi gerak tubuh) dan somatik (reaksi fisik dan biologis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan matematika tinggi yang dimil iki peserta didik mereka mengalami semua faktor-faktor tersebut seperti kesulitan; kebingungan; gugup; tertekan; gelisah; cemas; takut tidak dapat memahami materi matematika dalam mengikuti kegiatan belajar matematika e-learning, merasa tidak efektif jika belajar matematika melalui e-learning, dan menyukai belajar matematika dengan tatap muka di sekolah dibandingkan dengan e-learning berbeda jika dibandingkan dengan dua kategori lainnya yaitu kecemasan matematika sedang dan kecemasan matematika rendah. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43 Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktik. Rineka Cipta. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (A. Suharsimi (ed.); Ed. Rev. C). Rineka Cipta. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua (R. Damayanti (ed.); Ed.2). Bumi Aksara 2018. Ashcraft, M. H. (2002). Math anxiety consequences. Current Directions in Psychological Science, 181–185. http://www.mccc.edu/~jenningh/Courses/documents/math_anxiety.pdf Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-service Teacher Education. AARE 2011 Conference Proceedings, 1–14. http://aare.edu.au/11pap/papers_pdf/aarefinal00501.pdf Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8, 99–113. Gagua, T., Tkeshelashvili, B., Gagua, D., & Mchedlishvili, N. (2013). Assessment of Anxiety and Depression in Adolescents with Primary Dysmenorrhea: A Case-Control Study. Journal of Pediatric and Adolescent Gynecology. https://doi.org/10.1016/j.jpag.2013.06.018 Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584 Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning 1 (The Dilemma and the Challenge of. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4, 1–13. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132318574/Dilema dan Tantangan Pembelajaran Elearning ok.pdf Kusmana, A. (2011). DALAM PEMBELAJARAN Oleh: Ade Kusmana *. Lentera Pendidikan, 14(1), 35–51. Mohammad Yazdi. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2 (1)(1), 143–152. Priyanto, D., & Riyanti, S. (n.d.). Tingkat dan faktor kecemasan matematika pada siswa sekolah menengah pertama. 4, 1–12. Ramadan, D. (2019). Kecemasan Siswa Dalam Belajar Matematika. May. https://www.researchgate.net/publication/333076983 Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf dan R&D) (Ed. 21). ALFABETA, cv. Zakaria, E., & Nordin, N. M. (2008). The effects of mathematics anxiety on matriculation students as related to motivation and achievement. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 4(1), 27–30. https://doi.org/10.12973/ejmste/75303 citation: Pramesti, Titania Dewi dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Kecemasan Matematika Peserta Didik Dalam E-Learning Kelas VIII-7 Di SMP Negeri 12 Jakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14737/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105003_TITANIA%20DEWI%20PRAMESTI.pdf