eprintid: 14736 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/47/36 datestamp: 2022-06-16 08:54:05 lastmod: 2022-06-16 08:54:05 status_changed: 2022-06-16 08:54:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggraini, Daz Vholasky creators_name: Ma'arif, Samsul creators_name: Nuriadin, Ishaq creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Antara Mathematics Anxiety dan Habits Of Mind pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri 1 Pangkalpinang ispublished: pub subjects: C divisions: 84102 keywords: Mathematics Anxiety, Habits of Mind, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara mathematics anxiety dan habits of mind pada masa pandemi covid-19 dengan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa Mts Negeri 1 Pangkalpinang. Penelitian ini dilakukan pada kelas IX semester ganjil tahun ajaran 2020-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di Mts Negeri 1 Pangkalpinang sebanyak 150 orang dengan sampel penelitian menggunakan proportional random sampling sebanyak 110 orang. Metode dalam penelitian ini menggunakan survey non-kausal dengan teknik korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Uji instrument dengan uji validitas pada variabel kemampuan pemecahan masalah matematis terdapat 5 butir soal valid dari 7 butir soal yang diujikan, untuk variabel mathematics anxiety terdapat 20 butir pertanyaan valid dari 35 butir pertanyaan yang diujikan, dan untuk variabel habits of mind terdapat 23 butir pertanyaan valid dari 40 butir pertanyaan yang diujikan. Uji persyaratan yakni uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dengan α 0,05 pada kemampuan pemecahan masalah diperoleh asymp.sig (2-tailed) secara berturut-turut sebesar 0,200; 0,173; dan 0,200 serta uji linearitas regresi kemampuan pemecahan masalah matematis atas mathematics anxiety diperoleh sig 0,837, kemampuan pemecahan masalah atas habits of mind diperoleh sig 0,885. Uji signifikansi koefisien regresi untuk kemampuan pemecahan masalah matematis atas mathematics anxiety diperoleh sig 0,011 dengan koefisien korelasi sebesar -0,243, kemampuan pemecahan masalah atas habits of mind diperoleh sig 0,043 dengan koefisien korelasi sebesar -0,193, dan kemampuan pemecahan masalah matematis atas mathematics anxiety dan habits of mind diperoleh 0,017. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan dengan arah negatif antara mathematics anxiety dan habits of mind pada masa pandemi covid-19 dengan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa Mts Negeri 1 Pangkalpinang. date: 2020-11-27 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA A Ahmad, B., Deswita, R., Ningsih, F., & Syafriadi. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Core Dengan Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Mathematical Habits Of Mind Mahasiswa Matematika". Jurnal Tarbawi Vol. 13 No 2. Annisa, D. F., & Ifdil, I. (2016). "Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia)". Konselor Vol. 5 No. 2 Aringga, D., Shodiqin, A., & Albab, I. U. (2020). "Penelusuran Kebiasaan Berpikir ( Habits Of Mind ) Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Bilangan Pecahan ditinjau dari Gaya Kognitif". Thinking Skills and Creativity Journal Vol. 2 No. 2. Azwadi, G., & Sugiarni, R. (2019). "Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Laps-Heuristik". Pi: Mathematics Education Journal Vol. 2 No. 2 D Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). "Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis". Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika Vol. 11 No. 2. Himmi, N., & Azni, A. (2017). "Hubungan Kesiapan Belajar Dan Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP". PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol. 6 No.1. Irfan, M. (2017). "Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika". Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol. 8 No. 2.Ismawati, Nurul, Iwan Junaedi, and Info Artikel. “Strategi Dan Proses Berpikir Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematika.” Unnes Journal of Research Mathematics Education 4, no. 2 (2015): 93–101. Kurniawati, A. D., & Siswono, T. Y. E. (2014). "Pengaruh Kecemasan dan Self Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Siswa Kelas VII MTs Negeri Ponorogo". MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2. Lestari, Hesti, Rozi Fitriza, dan Halen A. (2020). “Pengaruh Kecemasan Matematika ( Mathematics Anxiety ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas Vii Mts.” Math Educa Journal Vol. 4 No. 1. Lutfiyah, L., Rukmigarsari, E., & Fathani, A. H. (2019). "Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Smp Negeri 14 Malang". JP3 Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pembelajaran Vol. 14 No. 6. Masni, E. D. (2017). "Asosiasi Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP". Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI Vol. 20 No. 1. Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). "Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP". EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No.2. Mukholil. (2018). "Kecemasan Dalam Proses Belajar". Jurnal Eksponen Vol. 8 No. 1. Muthmainna, V., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). "Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Tteori John Dewey pada Materi Trigonometri". Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untan Vol. 6 No. 7. Nurmala, N., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). "Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Berpikir) Terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal on Education Vol. 1 No. 2. Nuurjannah, P. E. I., Hendriana, H., & Fitrianna, A. Y. (2018). "Faktor Mathematical Habits of Mind dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat". Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 2. Orbach, L., Herzog, M., & Fritz, A. (2019). "Math Anxiety During the Transition from Primary to Secondary School". Inclusive Mathematics Education. Payung Allo, D., Sudia, M., Kadir, K., & Hasnawati, H. (2019). "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Setting Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Swasta Antam Pomalaa". Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1. Rafianti, I., Afifah, S. N., & Abdul Fatah. (2020). "Efikasi Diri, Kecemasan Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Saintifik". Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M) Vol. 3 No. 1. Rahayu Diar, V., Afriansyah Ekasatya, A. (2015). "Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika". Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1. Riski, Fajar, Indiana Marethi, dan Isna Rafianti. (2019) . “Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Sma (the Effect of Mathematical Anxiety of Students ’Problem Solving Ability in High School).” Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 02. Rudiansyah, Amirullah, and Muhammad Yunus. (2016). “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Tes (Pencapaian Hasil Belajar) Siswa Di Smp Negeri 3 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah Vol. 1 No. 1. Safitri, P. T. (2017). "Analisis Habits Of Mind Matematis Siswa SMP Di Kota Tangerang". Journal of Chemical Information and Modeling Vol. 6 No. 2. Santri, F. S. (2017). "Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika?" Journal of Medives Vol. 1 No. 1. Sugiatno, Dery Priyanto, and Sri Riyanti. (2017) “Tingkat Dan Faktor Kecemasan Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol. 6 No. 10. S Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). "Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)". Suska Journal of Mathematics Education Vol. 4 No. 1, Susanto, H. P. (2016). "Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa". Beta Jurnal Tadris Matematika Vol. 9 No. 2. S Sutanto, P. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta: Dit PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Tatiana, Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). "Pengaruh Kecemasan Matematika ( citation: Anggraini, Daz Vholasky dan Ma'arif, Samsul dan Nuriadin, Ishaq (2020) Hubungan Antara Mathematics Anxiety dan Habits Of Mind pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri 1 Pangkalpinang. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14736/1/SPS_MTK_1809097031_Daz%20Vholasky%20anggaraini.pdf