eprintid: 14735 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/35 datestamp: 2022-06-25 05:27:17 lastmod: 2022-06-30 10:18:53 status_changed: 2022-06-25 05:27:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Purnomo, Bayu Arry creators_name: Khusna, Hikmatul creators_id: bayuarry.purnomo@gmail.com creators_id: hikmatulhusna@uhamka.ac.id title: Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA yang dapat mewakili tiga kategori kemampuan matematika yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian adalah siswa kelas 9 SMP. Penentuan subjek dilakukan berdasarkan hasil konsultasi dengan guru matematika, dilanjutkan dengan pemberian tes kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal PISA dan wawancara. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa SMP kategori tinggi dalam menyelesaikan soal PISA yaitu 1) Mampu menyajikan kembali data ke dalam bentuk tabel; 2) Mampu menyelesaikan masalah melalui persamaan matematika; 3) Mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian matematika dengan kata-kata. Hasil penelitian kemampuan representasi matematis siswa SMP kategori sedang dalam menyelesaikan soal PISA yaitu 1) Mampu menyelesaikan masalah melalui persamaan matematika; 2) Mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian matematika dengan kata-kata. Sedangkan hasil penelitian kemampuan representasi matematis siswa SMP kategori rendah dalam menyelesaikan soal PISA yaitu 1) Hanya mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian matematika dengan kata-kata. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Apriani, C. M. (2016). Analasis Representasi Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual. Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62. Boonen, A. J. H., Wesel, F. Van, Jolles, J., & Schoot, M. Van Der. (2014). The role of visual representation type , spatial ability , and reading comprehension in word problem solving : An item-level analysis in elementary school children. International Journal of Educational Research, 68, 15–26. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2014.08.001. Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA, 16(1), 128–138. Faradillah, A. (2018). Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Tingkat Kemampuannya. 1, 25–41. Fitrianingrum, F., & Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1–11. Hoogland, K., Koning, J. De, Bakker, A., Pepin, B. E. U., & Gravemeijer, K. (2018). Studies in Educational Evaluation Changing representation in contextual mathematical problems from descriptive to depictive : The e ff ect on students ’ performance. Studies in Educational Evaluation, 58(June), 122–131. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.06.004. Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ta’dib, 22(1), 19–25. Jamil, N. A. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Aspek Logika dan Penalaran Pada Siswa Usia 15 Tahun di MTS Negeri Jember 1. Jitendra, A. K., Nelson, G., Pulles, S. M., Kiss, A. J., & Houseworth, J. (2016). Is Mathematical Representation of Problems an Evidence-Based Strategy for Students With Mathematics Difficulties? Sage. https://doi.org/10.1177/0014402915625062. Juniati, N. I. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Murtianto, Y. H., Suhendar, A., & Sutrisno. (n.d.). Analisis Kemampuan Representasi Verbal Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Krulik Dan Rudnick Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 77–84. Niss, M. (2015). Mathematical Competencies and PISA. Springer, 35–55. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10121-7 Nurofik, I. (2015). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X SMK Berdasarkan Siklus Pemodelan Matematika pada Pembelajaran MEAs. OEDC. (2016). PISA 2015 PISA Result in Focus. OECD 2016: OECD. OECD. (2019). PISA 2018 Results What Student Student Know and Can Do. OECD 2019: OECD Oktaviana, D. V. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MTS dalam Menyelesaikan Soal Model Programme For International Student Assessment (PISA) pada Konten Perubahan dan Hubungan. Pape, S. J., & Tchoshanov, M. A. (2001). The Role of Representation ( s ) in Developing Mathematical Understanding. Taylor & Francis, 40(2), 118–127. Purnama, R. N., Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP AL Fattah Semarang. Jurnal Penelitian Didaktif Matematika, 3(1), 23–36. Putri, P. S. (2012). Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan (Studi Kasus Pada 2 Orang Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan Wisma Putera Bandung). Rahmawati, E., Annajmi, & Hardianto. (n.d.). Jurnal Pendidikan Matematika ( Eka Rahmawati ) | 1 Jurnal Pendidikan Matematika ( Eka Rahmawati ) | 2. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–5. Ribkyansyah, F. T., Yenni, & Nopitasari, D. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Pokok Bahasan Statistika. 2(2), 149–155. Saenz, C. (2008). The role of contextual , conceptual and procedural knowledge in activating mathematical competencies (PISA). Springer. https://doi.org/10.1007/s10649-008-9167-8. Saputri, M. D., & Masduki. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baki. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017, 1–8. Suliani, M. (2019). Analisis Representasi Matematika dalam Penyelesaian Masalah Geometri. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 3(1), 452–462. Susanti, D., Kasmeri, R., & Versi, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 2(1), 16–21. Turner, R., Dossey, J., Blum, W., & Niss, M. (2013). Using Mathematical Competencies to Predict Item Difficulty in PISA : A MEG Study. Springer, 23–37. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4458-5. Yustika, A. A., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 647–658. citation: Purnomo, Bayu Arry dan Khusna, Hikmatul (2020) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14735/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1601105002_BAYU%20ARRY%20PURNOMO.pdf