eprintid: 14734 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/34 datestamp: 2022-06-24 03:02:31 lastmod: 2022-06-24 03:02:31 status_changed: 2022-06-24 03:02:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Riana, Christina Novayanti creators_name: Kowiyah, Kowiyah creators_id: novayantic12@gmail.com creators_id: kowiyah_agil@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh hasil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 orang siswa dan sampel penelitian ini meliputi 30 siswa yang berasal dari kelas IV di SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur. Instrumen berupa tes essay sebanyak 7 soal. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability sampling dengan jenis teknik sampel jenuh. Validitas tes dihitung dengan Korelasi Product Moment. Koefisien realibilitas dihitung dengan rumus r11. Uji Normalitas tes menggunakan uji Lilliefors. Berdasarkan Uji Liliefors yang dilakukan terhadap sampel 30 siswa di kelas eksperimen, diperoleh data Pre – Test nilai Lhitung= 0,08067 dan Ltabel= 0,161 dan data Post Test memperoleh nilai Lhitung= 0,15634 dan Ltabel= 0,161 dan jumlah sampel (n) sebanyak 30 siswa dengan taraf signifikan α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan data Pre – Test Lhitung = 0,08067 < Ltabel= 0,161 dan Post – Test nilai Lhitung = 0,15364 < Ltabel= 0,161 yang berarti kedua data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas kelas eksperimen dengan menggunakan Uji Bartlett didapatkan Fhitung = 1,414 dan Ftabel = 4,18, sehingga terlihat bahwa Fhitung = 1,414 < Ftabel = 4,18 yang menyatakan bahwa populasi berasal dari varians yang homogen. Berdasarkan hasil Pre – Test dan Post – Test yang diberikan dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan rata-rata Hasil Uji N – Gain sebesar 0,53. Hasil perhitungan Uji Hipotesis menggunakan Uji-t, diperoleh hasil thitung = - 9,644 > ttabel = -1,6716 ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25-34. https://doi.org/10.29408/jel.v3il.304 Arifuddin, A., & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 165-178 Arifuddin, Ahmad, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidayah. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. 5(2), 261-274 Arisca, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas V Di MIS Masyariqul Anwar (MMA) IV. Asnidar, Khabibah, S., & Sulaiman, R. (2018). The Effectiveness of Guided Inquiri Learning for Cmparison Topics. Journal of Physics: Conference Series, 1-6 Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5 (1), 68- 75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167. Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Model Dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kalor. Tadris. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105. http://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1901 Diah Ayu Pertiwi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segi Empat di Kelas VII MTs Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. 3, 43. http://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Erlangga, Yudha. (2018). Cara Inovatifku Mengajar. Jakarta: Erlangga. Juni, Donni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Lahadisi. (2014). INKUIRI : SEBUAH STRATEGI MENUJU PEMBELAJARAN BERMAKNA. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 85-98. Nasution, U. S. (2016). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN NHT. Jurnal MATEMATICS PAEDAGIGIC, I(1), 51-57. Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center. Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 3(2), 546-551. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807. Purnomo, Yoppy Wahyu. (2014). Geometri dan Pengukuran. Jakarta: UHAMKA. Purnomo, Yoppy Wahyu. (2015). Pembelajaran Matematika Untuk PGSD. Jakarta: Erlangga. Putra, F. G. (2017). EKSPERIMEN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BEBANTUAN HANDS ON ACTIVITY (HOA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73-80. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1148. Remme, B. V. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Katolik Disamakan Makale. Jurnal KIP, 3(2), 583-587. Rizqiana, Z. A., Adam., & Chan, S. (2017). Pengaruh Budaya Kerja, Kemampuan, Dan Komitmen Kerja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (Bpks). Magister Manajemen, 1(1), 59-69. Rosiani, Anggo, M., & Sudia, M. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 1(1), 71-82. Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sari, I. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing, 9(1), 10. Syafwan, (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas VII – A SMP Negeri 2 Poso Pesisir. Jurnal Kreatif Tadulako. 4(11), 227-238. Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48-55. https://doi.org/10.24525/auladuna.v4i2a5.2017%0AANALISIS. Tobing, D. P. V. L., Pratiwi, Y., & Siregar, N. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Moel Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Tantom Angkola. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1), 32-41. Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142-153. https://hikmahuniversity.ac.id/lppm/jurnal/2016/text07.pdf. Willy Setiawan. (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 3. citation: Riana, Christina Novayanti dan Kowiyah, Kowiyah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SDN Utan Kayu Utara 11 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14734/1/FKIP_PGSD_1601025160_CHRISTINA%20NOVAYANTI%20RIANA.pdf