eprintid: 14732 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/32 datestamp: 2022-06-24 02:46:00 lastmod: 2022-06-24 02:46:00 status_changed: 2022-06-24 02:46:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Prasetia, Nurlia Putri creators_name: Busyra, Nur title: Strategi Humas PT Republika Media Mandiri Jakarta Dalam Mempertahankan Eksistensi Sebagai Media Cetak Nasional ispublished: pub subjects: L subjects: L1 divisions: sch_med abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kegiatan Hubungan Masyarakat, (2) Hubungan Media, dan (3) Strategi mempertahankan eksistensi media cetak dalam memberikan konten-konten berita di PT. Republika Media Mandiri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang. Teknik pengumpulan data digunakan wawancara mendalam (depth interview). Analisis data digunakan analisis deskriptif dengan uji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dan pembahasan diketahui: (1) Kegiatan Hubungan Masyarakat di PT. Republik Media Mandiri Jakarta yaitu menyusun serta mendistribusikan news release, foto-foto dan berbagai artikel untuk kalangan media massa, mengadakan konferensi pers, acara resepsi dan kunjungan kalangan media massa ke organisasi/perusahaan, menjalankan fungsi sebagai penyedia informasi utama bagi kalangan media massa, serta mengatur acara wawancara antara kalangan pers (media cetak), radio, dan televisi dengan pihak manajemen, mengadakan kegiatan sosial Coorporate Social Responsibility (CSR), (2) Hubungan Media di PT. Republika Media Mandiri Jakarta sebagai sarana penyebarluasan informasi ke masyarakat terkait kebijakan atau pencapaian perusahaan, serta sebagai wadah untuk membentuk citra baik perusahaan. Menjalin hubungan dengan Media Nasional dan Media Lokal, seperti: Detik.com, Liputan6.com, Kompas, Warta Kota, Tempo, Jawa pos, Pos kota, Neraca, Media Indonesia, Bisnis Indonesia, Rakyat Merdeka, Metro TV, TV One, MNC TV, NetTV, (3) Strategi mempertahankan eksistensi media cetak dalam memberikan konten-konten berita, yaitu melalui tahapan Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan, Pengawasan dan Proses Liputan. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A Muri Yusuf. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group Agus Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta; Erhlangga Dan Lattimore. (2010). Public Relation Profesi dan Praktik. Jakarta; salemba Humanika Danandjaja. (2011). Peran Humas Dalam Perusahaan. Yogyakarta; Graha ilmu Danu Priyambodo. (2005). Menulis Berita di Media Cetak dan Media Elektronik. Jurnal. Tempo News Room. 2005 Edy. (2011). Professional Public Relations. Medan: USU Press Elvinaro, Ardianto. (2011). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Elvinaro, Ardianto. (2011). Handbook Of Public Relations. Bandung; Remaja Rosdakarya. Gleen, M.Broom. (2009). Effective Public Relations. United State of America Laksmi. (2015). Manajemen Perkantoran Modern. Jakarta; Rajawali Press Lexy J. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Scott M. Cutlip. (2011). Effective Public Relations. Jakarta; Kencana Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung : Alfabeta Syaiful Bahri Djamarah. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Citra Anggraini, Yugih Setyanto. (2019). Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana. Jurnal Prologia Vol. 3, No. 2, Desember 2019. EISSN 2598-0777. Refi Prafitri. (2008). Peranan Public Relations Dalam Menjaga Eksistensi Perusahaan Pada Perusahaan Berbasis Agrowisata (Kasus: Kebun Wisata Pasirmukti, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat). Skripsi. Program Studi Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. citation: Prasetia, Nurlia Putri dan Busyra, Nur (2020) Strategi Humas PT Republika Media Mandiri Jakarta Dalam Mempertahankan Eksistensi Sebagai Media Cetak Nasional. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14732/1/FKIP_PENDIDIKAN%20EKONOMI_1401105047_NURLIA%20PUTRI%20PRASETIA.pdf