eprintid: 14730 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/30 datestamp: 2022-06-24 03:02:23 lastmod: 2022-06-24 03:02:23 status_changed: 2022-06-24 03:02:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Noviyanti, Iis creators_name: Zulfadewina, Zulfadewina creators_id: iisnoviyanti87@gmail.com creators_id: zulfadewina@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN Pondok Kopi 07 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L1 subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran VAK pada peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental kategori The Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabel yaitu 0,94 > 0,374, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh kelas kontrol Lo < L1 yaitu 0,109 < 0,161, dan kelas eksperimen Lo ttabel yaitu 2,49 > 2,00. Dengan demikian Ho ditolak Hi diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 Kota Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi peserta didik kelas IV SDN Pondok Kopi 07 Kota Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. PT. Prestasi Pustakaraya. DePorter, B., & Herncki, M. (2003). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. PT. Mizan Pustaka. Djamarah, syaiful B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Riadi, Edi. 2015. Metode Statistika: Parametrik & Nonparametrik. Tanggerang: Pustaka Mandiri. Haq, A. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Ciracas 03 Jakarta Timur. Skripsi. Hernacki, B. D. dan. (2014). Quantum Learning. Kaifa. Mudjiono, & Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Mularsih, K. dan H. (2017). Belajar dan Pembelajaran. PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Ni Nyoman Parwati, Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Nurmila. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTU MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI TATA NAMA SENYAWA DI SMAN 2 ABDYA. Skripsi, 151. Priansa. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. CV. Pustaka Setia. Purwanto. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Pustaka Pelajar. RI, D. P. (2006). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006. 15(May), 58. https://doi.org/10.16258/j.cnki.1674-5906.2006.01.022 Riadi, E. (2016). Statistik Penelitian. Pustaka Mandiri. Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta. Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Press. Saputri, S. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Negeri Tanjung Duren Utara 04 Jakarta Barat. Skripsi. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar- Ruzz Media. Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar. Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group. Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media. Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Prenada Media Group. Wahyuni, & Baharudin. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Winataputra, U. S. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka Press. citation: Noviyanti, Iis dan Zulfadewina, Zulfadewina (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN Pondok Kopi 07 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14730/1/FKIP_PGSD_1601025159_IIS%20NOVIYANTI.pdf