eprintid: 14729 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/29 datestamp: 2022-06-27 01:21:56 lastmod: 2022-06-30 10:15:44 status_changed: 2022-06-27 01:21:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rani, Latifah creators_name: Maarif, Samsul creators_name: Nurafni, Nurafni creators_id: ranilatifah21@gmail.com creators_id: Nurafni@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengembangan E-Module Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Komunikasi Matematis ispublished: pub subjects: L subjects: QA subjects: Skripsi divisions: 84202 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Komunikasi Matematis dan mengetahui kualitas produk e-module yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ini ada 5 yaitu: 1) Analyze (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi), namun penelitian pengembangan ini hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Implementation (Implementasi). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diujicoba publik dengan 46 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emodule pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Komunikasi Matematis yang telah dikembangkan memperoleh hasil 76,32% dalam aspek desain isi modul dengan kategori cukup baik dan 75% dalam aspek desain cover modul dengan kategori cukup baik, sehingga secara keseluruhan penilaian e-module sebesar 75,66% dengan kategori cukup baik. Penilaian ahli materi secara keseluruhan sebesar 77,71% dengan kategori baik. Uji coba publik melalui angket respon diperoleh hasil kualitas e-module dalam aspek kualitas tampilan 83,43% dengan kategori baik, aspek materi sebesar 82,22% dengan kategori baik, dan aspek manfaat sebesar 81,59% dengan kategori baik, sehingga secara keseluruhan penilaian 82,41% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa e-module pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Komunikasi Matematis layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik kelas X SMA/Sederajat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adam, Steffi dan M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 No 2 (ISSN 2337-8794), 78–90. Jurnal. Al Farisyi, Salman. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berpendekatan Contextual Teaching Learning Pada Pokok Bahasan Aljabar Untuk Siswa MTs. Skripsi. Anori, S., & Putra, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education, 1 (April), 104–111. Jurnal. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/viewFile/498/287. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta. Asnawati, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments. Euclid, 3(2), 561–567. Jurnal. https://doi.org/10.33603/e.v3i2.332. Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. 1(1), 21–34. Jurnal. https://doi.org/10.24815/dm.v1i1.1336. Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, 1, 76–89. Jurnal. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/637/. Ghaliyah, S., Bakri, F., & Siswoyo. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 7E pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 149–154. Jurnal. Istini. (2018). Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Peserta Didik Kelas X IPS SMAN 6 Pontianak. Jurnal. Krismasari, E. R. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Aljabar untuk SMP/MTs dengan Menyisipkan Nilai Sikap. Skripsi. Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Maryam, Rubhan M., Siska A. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1). e-ISSN 2579-7646. Jurnal. Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. Jurnal. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7. Mubarok, M. U., & Zahroh, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Power Point VBA pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 2(1), 38–45. Jurnal. Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). Jurnal. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949. Nugroho, K. M., Raharjo, S. B., & Masykuri, M. (2017). Pengembangan E-modul Kimia Berbasis Problem Solving dengan Menggunakan Moodle pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI SMA/MA Semester II. Jurnal Inkuiri, 6(1), 175–180. Jurnal. Pajr, Nur.,M. Hidayat dan Dwi Agus Kurniawan. (2013). Pengembagnan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Rangkaian Listrik untuk Siswa SMP Kelas IX. Skripsi. Prasetiyowati, Y., & Tandyonomanu, D. (2015). Pengembangan Modul Elektronik pada Mata Pelajaran Animasi 3 Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri 1 Magetan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal. Prayitno, S., Suwarsono, S., & Siswono, T. Y. E. (2013). Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding:Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, November, 565–572. Jurnal. http://eprints.uny.ac.id/10796/1/P - 73.pdf Priyanthi, K. A., dkk. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 40. Jurnal. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267. Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47. Jurnal. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.129. Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 191–202. Jurnal. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21457. Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science. ISSN: 2528-4363. Jurnal. Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. Jurnal. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial dan Teknik. Bandung:Alfabeta. Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. Jurnal. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2. Yuberti. (2014). Penelitian dan Pengembangan yang Belum diminati dan Perspektifnya. Al-Biruni : Jurnal Ilmiah Fisika, 6(2). Jurnal. citation: Rani, Latifah dan Maarif, Samsul dan Nurafni, Nurafni (2020) Pengembangan E-Module Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Komunikasi Matematis. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14729/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1501105070_LATIFAH%20RANI.pdf