eprintid: 14727 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/27 datestamp: 2022-06-25 05:26:33 lastmod: 2022-06-30 10:14:37 status_changed: 2022-06-25 05:26:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sahab, Fahmi creators_name: Handayani, Isnaini creators_name: Awalludin, Subhan Ajiz creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Strategi Pembelajaran Self-Explanation Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di SMA Negeri 3 Kota Tangerang ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 84202 abstract: Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran self-explanation terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tangerang pada semester gasal tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Pada uji validitas soal uji coba instrumen kemampuan pemahaman konsep didapat 5 soal valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach, diketahui data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran self-explanation terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tangerang. Selanjutnya melalui pengujian effect size dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tergolong tinggi pada strategi pembelajaran self-explanation terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afifah, I. K. A., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Sisawa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) 2017, 452–459. Retrieved from http://sesiomadika.890m.com/Prosiding/66IkaAfifah-SESIOMADIKA-2017 Alhassan, R. (2017). The Effect of Employing Self-Explanation Strategy with Worked Examples on Acquiring Computer Programing Skills. Journal of Education and Practice, 8(6), 186–196. Andamon, J. C., & Tan, D. A. (2018). Conceptual understanding, attitude and performance in mathematics of Grade 7 Students. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(8), 96–105. Angraini, P., & Prahmana, R. C. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Bentuk Pangkat, Akar, Dan Logaritma Di SMK. Journal of Honai Math, 1(1), 1. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.716 Badaruddin, & Anggo, M. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal–Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2). Bahasa, T. P. K. P. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Chi, T.-Y., Olfman, L., & Berger, D. E. (2017). Computer Skill Acquisition: The Effects of Computer-aided Self-explanation on Knowledge Retention and Transfer. Proceedings of the 50th Hawaii International Conference on System Sciences (2017), 74–83. https://doi.org/10.24251/hicss.2017.010 Danial, M., Gani, T., & Husnaeni, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 18. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3509 Depdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Jakarta. Dongoran, S., Said, H. B., & Defitriani, E. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Memperoleh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 326–330. Fahrudhin, A. G., & Zuliana, E. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. Fajar, A. P., & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239. Fernandez, F. X. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perpangkatan Bilangan Berpangkat Melalui Pendekatan Konsep Dengan Metode Latihan Pada Siswa Kelas IX.3 SMPN 1 Praya Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 110–121. Firmansyah, D. (2015). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA, 3(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996 Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224. Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(58), 777–785. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna, ed.). Bandung: PT Refika Aditama. Lin, H. S., & Chiou, G. (2017). Effects of Self-explanation and Game- reward on Sixth Graders ’ Algebra Variable Learning. Educational Technology & Society, 20(4), 126–137. Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(April), 76–85. Mcnamara, D. S., & Magliano, J. P. (2009). Self-Explanation and Metacognition The Dynamics of Reading. Hand Book of Metacognition in Education, 60. Mulyani, A., Hartanto, & Zamzaili. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 118–127. Murnaka, N. P., & Dewi, S. R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 163–171. Nekmahtul Hafizah Abdul Kani & Masitah Shahrill. (2015). Applying The Thinking Aloud Pair Problem Solving Strategy In Mathematics Lessons. Asian Journal of Management Sciences and Education, 4(2), 20–28. Novitasari, D. (2015). PENGARUH Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–18. Nurdyansyah, Sugiarto, R., & Rais, P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Majalah Anak Materi Wudlu Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 201–212. https://doi.org/10.21070/halaqa. Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTS Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25. Putri M, P. M., Mukhni, & Irwan. (2012). Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 2, 1(1), 3–6. Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 157–170. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228 Rahman, A. A., & Menanti, H. (2015). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) Dengan Team Game Tournament ( TGT ) Di SD Islam Khalifah. Jurnal Bina Gogik, 2(1), 38–48. Ramadhani, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). Rohana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang Pada Tanggal 27 Juni 2011, 110–122. Roy, M., & Chi, M. T. H. (2005). The Self-explanation Principle. In R.E. Mayer (Ed.) Cambridge Handbook of Multimedia Learning (in Press), (0325054), 1–35. Saltifa, P. (2018). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 39–52. Saputra, A., Wahid, S., & Ismaniar, I. (2018). Strategi Pembelajaran Instruktur Menurut Warga Belajar pada Pelatihan Menyulam. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 9. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9001 Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. JURNAL GANTANG, II(1), 41–51. Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897 Tekeng, S. N. Y. (2015). Using self-explanation strategy to improve students’ understanding of the to be learned material. AULADUNA, 2(2), 173–184. Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika, 9–10. Yusri, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Solok. Prosiding Semnas Mat-PMat STKIP PGRISumatera Barat, 2(1), 171–177. Zakiyatun, C., Cawang, C., & Kurniawan, R. A. (2017). Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Dan Daya Ingat Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(2). https://doi.org/10.29406/arz.v5i2.629 citation: Sahab, Fahmi dan Handayani, Isnaini dan Awalludin, Subhan Ajiz (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Self-Explanation Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di SMA Negeri 3 Kota Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14727/1/FKIP_PENDIDIKAN%20MATEMATIKA_1501105044_FAHMI%20SAHAB.pdf