eprintid: 14725 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/47/25 datestamp: 2022-06-16 03:45:34 lastmod: 2022-06-16 04:19:45 status_changed: 2022-06-16 03:45:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Marjuki, Shella Dwi creators_name: Maarif, Samsul creators_name: Nuriadin, Ishaq creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Melalui Penggunaan Googleclassroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMKN 1 Cikarang Utara ispublished: pub subjects: C divisions: 84102 keywords: Kemandirian Belajar, Googleclassroom, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis abstract: Tujuan peneliti ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana menganalisis kemandirian belajar siswa dimasa pandemi Covid-19 dalam penggunaan googleclassroom dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif metode study kasus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi, dipilih 3 subjek untuk mewakili untuk setiap ketegori, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian Faktor penyebab kemandirian belajar dimasa pandemi covid-19 dalam kemampuan pemecahan masalah, terdapat faktor eksternal dan internal antara lain: (a) Siswa dan guru tidak memberikan feedbeck secara tepat. (b) Pemahaman siswa terhadap suatu materi kurang mendalam, kebutuhan internet dan rasa jenuh siswa terhadap pembelajaran daring. (c) Kurangnya konsentrasi belajar siswa sehingga siswa mudah lupa dengan apa yang di jelaskan oleh guru. Karakteristik kemandirian belajar siswa dimasa pandemi covid-19 siswa dalam kemampuan pemecahan masalah pada kategori tinggi dapat memahami masalah, menentukan tahap perencanaan masalah dan dapat menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah yang benar dan tepat, dapat menggunakan informasi yang sudah ada dan memeriksa kembali jawaban. Pada kategori sedang, siswa dapat memahami masalah, dapat menentukan tahap perencanaan dan dapat menyelesaiakn masalah, dan tidak memeriksa kemabali jawaban. Pada kategori rendah, tidak dapat memahami masalah, tidak dapat menentukan tahap perencanaan masalah dan menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali jawaban yang sudah ada. date: 2020-11-27 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Andriana, Ika, and Leonard Leonard. 2017. “Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, no. 3: 539–48. Andriani, ade. 2016. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa FMIPA Pendidikan Matemematika Melalui Model Pembelajaran IMPROVE.” JURNAL TARBIAH 23, no. 45: 5–24. Arikunto, Prof. Dr. Sumarsini. 2014. “Analisis Kesulitan Bellajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berpangkat Dikelas x Sma.” Analisis Kesulitan Bellajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berpangkat Dikelas x Sma 1, no.: 1–412. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. ———. 2006. “Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik.” Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik, 2006, 1–412. Ayu Yarmayani. 2016. “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI Ayu Yarmayani 1.” Jurnal Ilmiah DIKDAYA 6, no. 2 : 12–19. Bungsu, Titin Kurnia, Mulkah Vilardi, Padillah Akbar, and Martin Bernard.2019. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas.” Jurnal Sosial Humaniora 1, no. 2 : 382–89. Carson, Jamin.2007. “A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge.” Mathematics Educator 17, no. 2 : 7–14. Darma, Yudi, Muhammad Firdaus, and Haryadi Haryadi. 2016. “Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika.” Edukasi 14 : 169. https://doi.org/10.1109/TPWRD.2010.2041257. Depdiknas. “Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Jakarta: Depdiknas.” Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 2006. Djaali. “Doc 14.” In Psikologi Pendidikan Djaali, 2008. Fahradina, Nova, Bansu . Ansari, and Saiman. 2014. “PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK.” Didaktik Matematika, . https://doi.org/10.24815/jdm.v1i2.2061. Hadi, Sutarto, and Radiyatul Radiyatul. 2014. “Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 1: 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603. erowati. 2016.“Kemandirian Belajar Siswa Dalam Online Learning Edmodo Di Smkn 1 Sumenep.” Jurnal Lentera Sains (Lensa) 6, no. November : 99–107. Isnaeni, Sarah, Lailatul Fajriyah, Evi Sri Risky, Ratni Purwasih, and Wahyu Hidayat. 2018 “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus.” Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 2, no. 1 : 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528. Kurnia, Rizcky Dwi Maulana, Irma Mulyani, Euis Eti Rohaeti, and Aflich Yusnita Fitrianna. 2018“Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK.” JIPMat 3, no. 1 : 59– 64. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2183. Moleong, Lexy J. 2006.“METODE PENELITIAN KUALITATIF.” Bandung: Remaja Rosdakarya 1 . Mulyana, Ade, and Utari Sumarmo. 2015 “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Didaktik 9, no. 1: 40–51. Murti, Evi Dwi, Nasir Nasir, and Hasan Sastra Negara. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran SAVI Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Matematis.” Desimal: Jurnal Matematika 2, no. 2 : 119– 29. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4072. Muthmainna, Vina, Edy Yusmin, and Asep Nursangaji. 2017 “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Tteori John Dewey Pada Materi Trigonometri.” Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untan 6, no. 7: 3. Rijal, Syamsu, and Suhaedir Bachtiar. 2015 “Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal Bioedukatika 3, no. 2 : 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149. Sobri, Muhammad, Nursaptini Nursaptini, and Setiani Novitasari. 2020 “Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Glasser 4, no. 1 : 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373. Subaidi, A. 2016. “Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.” Jurnal Σigma. Universitas Madura 1, no. 2 : 64–68. https://doi.org/10.0324/SIGMA.V1I2.68. Sugiyono. 2009. "Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d. Intro ( PDFDrive.Com ).Pdf,” . Sumarmo, Utari. 2002. “Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik Oleh: Utari Sumarmo, FPMIPA UPI.” Academia.Edu, no. 1983 : 1–9. https://doi.org/10.1111/j.1095-8312.2011.01677.x. ———. 2012. “Pendidikan Karakter Serta Pengembangan Berfikir Dan Disposisi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika.” Seminar Pendidikan Matematika. Suraji, Maimunah, and Saragih Sehatta. 2018. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).” Suska Journal of Mathematics Education 4, no. 2 : 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897. Syaiful. 2011. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Matematika Realistik.” Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Matematika Realistik 16, no. 1 : 9–16. https://doi.org/10.21831/jpms.v16i1.12203. Yanti, Silvia, and Edy Surya. 2017.. “Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran.” Artikel Penelitian, no. December : 1–10. Yuwono, Timbul, Mulya Supanggih, and Rosita Dwi Ferdiani. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya.” Jurnal Tadris Matematika 1, no. 2: 137–44. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144. Zakiyah, Siti, Syifa Halawatul Imania, Gustiani Rahayu, and Wahyu Hidayat. 2018.“Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematik Serta Self-Efficacy Siswa Sma.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1, no. 4 : 647. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p647-656. citation: Marjuki, Shella Dwi dan Maarif, Samsul dan Nuriadin, Ishaq (2020) Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Melalui Penggunaan Googleclassroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMKN 1 Cikarang Utara. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14725/1/SPS_MTK_1809097015%20_Shella%20Dwi%20Marjuki.pdf