eprintid: 14721 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/47/21 datestamp: 2022-06-24 02:45:40 lastmod: 2022-06-24 03:51:33 status_changed: 2022-06-24 02:45:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indriastuty, Hanifa Rizky creators_name: Jumardi, Jumardi creators_id: hanifarizky10@gmail.com creators_id: jumardi@uhamka.ac.id title: Daan Mogot dalam Pertempuran Lengkong sebagai Suplemen Materi Perjuangan dan Revolusi Mempertahankan Kemerdekaan ispublished: pub subjects: LA divisions: 87201 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran Daan Mogot dalam Pertempuran Lengkong, (2) mengetahui pentingnya Suplemen ajar untuk mendekatkan peristiwa sejarah pada peserta didik dalam Materi Perjuangan dan Revolusi Mempertahankan Kemerdekaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode historis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pertempuran Lengkong merupakan peristiwa pelucutan senjata untuk mempertahankan revolusi kemerdekaan Indonesia. Pertempuran berlangsung mendadak dikarenakan adanya kesalahpahaman antara Jepang dan Akademi Militer Tangerang yang tidak sengaja meledakan senjata milik Jepang. Daan Mogot sebagai pendiri sekaligus ketua Akademi Militer Tangerang menjadi korban dalam Pertempuran Lengkong. Daan gugur diusia yang masih muda yaitu 18 tahun. (2) Dalam buku teks sejarah kelas 11 materi Perjuangan dan Revolusi Mempertahankan Kemerdekaan hanya membahas seputar peristiwa nasional. Berdampak pada kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap sejarah lokal, (3) Suplemen materi ajar dibutuhkan untuk mendekatkan peserta didik pada peristiwa sejarah yang ada disekitarnya. Daan Mogot dalam Pertempuran Lengkong merupakan bentuk nyata suplemen materi Perjuangan dan Revolusi Mempertahankan Kemerdekaan bagi peserta didik khususnya di Tangerang. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdillah, A. (2012). Pengantar Ilmu Sejarah. Bandung: Pustaka Setia. Abdurrahman, D. (1999). Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. Aldi Rizaldi A. (2015). Peristiwa Pelucutan Senjata Jepang (Lengkong, Tangerang 1946). UNMED. Anhar Gonggong, R. (2008). Mengapa Mereka Berontak? Dedengkot Negara Islam Indonesia. Yogyakarta: Bio Pustaka. Binti Maunah. (2019). Stratifikasi Sosial Dan Perjuangan Kelas Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan. TA’ALLUM, 03. Retrieved from http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/taalum/article/view/334 Daliman, A. (2012). Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ombak. Desmita. (2015). Revolusi Mental dan Revolusi Etos Kerja: Upaya Membangun Bangsa Indonesia Yang Lebih Bermartabat. Ta’dib, 18, 4. Retrieved from http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/273/271 Dewi Septia, D. (2018). Perancangan Media Interaktif untuk Memperkenalkan Perang Lengkong kepada Pelajar Sekolah Dasar di Museum Juang Kota Tangerang. E-Proceeding of Art & Design, 5, 19. Retrieved from https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/147117/slug/perancangan-media-interaktif-untuk-memperkenalkan-perang-lengkong-kepada-pelajar-sekolah-dasar-di-museum-juang-taruna-kota-tangerang.html Fajar Mustaqim, B. (2019). Perancangan Media Promosi Museum Juang Taruna Tangerang. Universitas Multimedia Nusantara, 1–4. Retrieved from http://kc.umn.ac.id/10207/ 37 Jumardi. (2015). Perbandingan Kurikulum Pendidikan Sejarah Rusia dan Indonesia. Pendididkan Sejarah, 4, 42–51. Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/515682 Jumardi, S. M. P. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Negri 65 Jakarta Barat. Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA, 6, 7–8. Kartodirjo, S. (1993). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia. Koentjaraningrat. (2004). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia. Berbentuk Handout Berbasis Sejarah Lokal dengan Materi Perjuangan Rakyat Banyumas Mempertahankan Kemerdekaan dalam Agresi Militer Belanda 1 Tahun 1947 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Purwokerto. Indonesian Journal of History Education, 5, 41. Retrieved from Indonesian Journal of History Education Mark W. (2007). Berfilsafat sebuah Langkah Awal. Yogyakarta: Kansius. Matia Madjiah. (1993). Dokter Geriliya. Jakarta Timur: Balai Pustaka. Mohamad Mokhtar Abu Hassan, D. (2015). Konsep Perjuangan Anwar Ridhwan Dalam Novel Penyebarang Sempadan. JJurnal PengaJian Melayu, 26, 13. Retrieved from https://ejournal.um.edu.my/index.php/JPM/article/view/9699/6846 Nawi, H. (1991). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Petrik Matanasi. (2015). Tukang Becak jadi Mayor TNI (Kisah Mayor Abdullah Pahlawan 10 November Yang Terlupakan). Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca. 38 Piort Sztompka. (2004). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: PRENADA MEDIA GRUP. Pusat Bahasa. (2010). KBBI Daring, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from Pusat Bahasa Depdiknas website: http://pusatbahasa.diknas.go.id Rena. (2014). Pengaruh Buku Penunjang Sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Tondo Palu. Ejournal Geo-Tadulako UNTAD. Retrieved from https://docplayer.info/50918343-Rena-a-jurnal-mahasiswa-program-studi-pendidikan-geografi-p-ips-fkip-untad-penerbit-e-journal-geo-tadulako-untad.html RHA. Saleh. (2009). Akademi Militer dan Peristiwa Lengkong. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama. S.Priyadi. (2012). Sejarah Lokal, Konsep, Metode dan Tantangan. Ombak. Saleh, R. H. A. (1995). Akademi Militer Tangerang dan peristiwa lengkong (p. 23). p. 23. Retrieved from file://catalog.hathitrust.org/Record/003008268 Sardiman AM, A. D. (2017). Sejarah Indonesia SMA/SMK. Retrieved from https://www.pdfdrive.com/kelas-11-sma-sejarah-indonesia-siswa-e47122886.html Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. FIS Sejarah Universitas Negri Malang, 1, 10. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukarno. (2001). Indonesia Menggugat:Pidato Pembelaan Bung Karno dimuka di depan pengadilan kolonial Bandung. Retrieved from https://rowlandpasaribu.files.wordpress.com/2013/09/soekarno-indonesia-menggugat.pdf Susilana, R. (2009). Media Pembelajaran Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penliaian. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=- 39 yqHAwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false Talumewo, B. (2009). Pahlawan Minahasa Mayor Daan Mogot. Tomohon/Minahasa. Tarjo. (2019). Metode Penelitian 3x Baca. Yogyakarta: Deepublish. Wibowo, A. M. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI SMA KOTA MADIUN. JURNAL AGASTYA, 6, 48–50. Retrieved from file:///C:/Users/lenovo/Downloads/880-1625-1-SM.pdf Wijayanti, Y. (2017). PERANAN PENTING SEJARAH LOKAL DALAM KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Artefak, 4(1), 54. Retrieved from file:///C:/Users/lenovo/Downloads/735-2852-1-PB.pdf citation: Indriastuty, Hanifa Rizky dan Jumardi, Jumardi (2020) Daan Mogot dalam Pertempuran Lengkong sebagai Suplemen Materi Perjuangan dan Revolusi Mempertahankan Kemerdekaan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14721/1/FKIP_PENDIDIKAN%20SEJARAH_16010750120_HANIFA%20RIZKY%20INDRIASTUTY.pdf