eprintid: 14719 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3861 dir: disk0/00/01/47/19 datestamp: 2022-06-16 03:45:48 lastmod: 2022-06-16 04:18:43 status_changed: 2022-06-16 03:45:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nuary, Rusdi Hamdany creators_name: Nuriadin, Ishaq creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: sigid@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Etika Belajar Peserta Didik Dimasa Daring Via Zoom dalam Kemampuan Komunikasi Matematis Di Sma Bunda Kandung Jakarta ispublished: pub subjects: C divisions: 84102 keywords: etika belajar, daring, kemampuan komunikasi matematis abstract: Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi terhadap siswa kelas x iis mengenai komunikasi matematis siswa pada etika belajar di masa daring via zoom. Temuan pertama awal menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis sudah muncul tetapi belum optimal. Untuk itu perlu diketahui bagaimana komunikasi matematis siswa kelas x iis terhadap etika belajar di masa daring via zoom. Secara umum, tujuan penelitian adalah untuk menganalisi etika belajar siswa dimasa daring via zoom terhadap komunikasi matematis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk mengungkap fakta, keadaan dan menyuguhkan apa adanya. Teknik pengumpulan data Menurut Sugiyono bila dilihat dari segi cara atau teknik pengumpulan data, maka teknik pengumpulan data dapat diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi/ gabungan. Penelitian ini melibatkan tiga siswa dari kelas x iix dan guru sebagai validator di SMA Bunda Kandung. Teknik analisis data model interaktif terdiri atas empat tahapan yang harus dilakukan. Tahapan pertama adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis etika belajar pesertadidik dimasa daring via zoom terhadap komunikasi matematis siswa untuk sabjek 1 dan 2 sudah optimal karena subjek 1 dan 2 mampu mengkomunikasikan, mengekspresikan ide/gagasan, mengelolah pemikiran ,menganalisis dan mengevaluasipikiran matematis. Akan tetapi pada subjek 3 belum optimal dalam mengkomunikasikan pikiran matematisnya secara koheran dan jelas karena dalam berertika sabjek kurang mampu dalam mengelolah menganalisis pemikirannya dan dalam berertikapun subjek 3 kurang mampu bersikap baik dengan teman sejawatnya di masa pandemi. date: 2020-11-27 date_type: completed full_text_status: public institution: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA department: Sekolah Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other referencetext: DAFTAR PUSTAKA Abdillah, L. A., & D. (2020). Online Learning Menggunakan Zoom Teleconference. Achmadi, A. (2014). Filsafat umum. PT RajaGrafindo Persada. Adib, M. (2010). Filsafat Ilmu; Ontologi, Epistemologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Pustaka Pelajar. Aloisius L. Son. (2015). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Gema Wiralodra, 7(1), 5–7. An-Nawawī, Abū Zakariyā Muhyī ad-Dīn ibn Syarf, (2011)Etika Interaksi Antara Dosen dan Mahasiswa, terj. Tim Zawiyah Kutub al-Turāṡ, Medan : IAIN Press Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Prenada Media Grup. Eka Kasa, N. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Analitik Di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 196. Latif, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 24. Maidiantus. (2014). Pendidikan Kajian Etis tentang Krisis Moral Berdampak Pada pendidikan. Jurnal pendidikan, 2, 237. Moleong. (2010). Metode Penelitian Kualititatif. PT Remaja Rosdakarya. Munir, R. M. dan M. (2013). Filsafat Ilmu. Pustaka Pelajar. Nuriadin, I. (2015). Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(2), 170. Sofyan, A. (2010a). Kapita Selekta Filsafat. Pustaka setia. Sugiyono. (2009a). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta. Tedi Priatna. (2012). Etika Pendidikan; Panduan Bagi Guru Profesional. CV. Pustaka Setia. Titis Sunanti, L. S. dan I. D. R. S. (2017). Knisley untuk komunikasi Matematika. Jurnal Aksioma, 8(2), 92. Turmudi. (2009). Landasan Filosofis dan Teoritis Pembelajaran Matematika. PT Leuser Cita Pustaka. ur Alamsyah. (2015). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematika untuk Siswa SMP. Research and Development Journal of Education, 2(1), 32. Indriyanti, Tri (2015) Etika Interaksi Guru dan Murid Menurut Perspektif Imam Al Ghazali Jurnal Studi Al-Qur’an; Vol. 11, No. 2 Jaga Wijaya kusuma (2020) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: Vol.5, No 1 citation: Nuary, Rusdi Hamdany dan Nuriadin, Ishaq dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Analisis Etika Belajar Peserta Didik Dimasa Daring Via Zoom dalam Kemampuan Komunikasi Matematis Di Sma Bunda Kandung Jakarta. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14719/1/SPS_MTK_1809097014_Rusdy%20Hamdany.pdf